Profil SMP Negeri 115 Jakarta

Ditulis: 12 - Mar - 2009
Oleh: admin
Kategori: Profil SMP
Dilihat: 1,941 kali

SMP Negeri 115 jakarta berdisi sejak tahun 1978, berlokasi di Jalan Tebet Utara III Jakarta Selatan. Setelah berjalan 20 tahun gedung yang ditempati SMP Negeri 115 Jakarta akhirnya direnovasi oleh Pemda DKI Jakarta yaitu pada tahun 2001. Selama dua setengah tahun renovasi gedung itu berjalan, dan pada awal tahun 2005 renovasi selesai dan mulai menempati gedung baru yang megah.

SMP negeri 115 Jakarta sering disebut SMABELS. Di SMP ini telah tercatat berbagai prestasi diukir oleh siswa-siswinya, bahkan SMP Negeri 115 Jakarta ini merupakan pemasok terbesar siswa-siswi SMA Negeri 8 Jakarta yang merupakan sekolah SMA unggulan di DKI Jakarta. Hal ini tentu tak terlepas dari pembinaan para guru di sekolah ini. Dari tahun-ke tahun hingga kini banayak lulusan SD se DKI Jakarta yang berlomba-lomba ke SMP Negeri 115 Jakarta.

VISI SEKOLAH DAN IMPLEMENTASINYA

Sekolah yang memiliki visi UMATI yang berarti Unggul dalam Mutu, Mantap dalam Akidah dan Tegar dalam melaksanakan Inovasi. Berdasarkan visi tersebut Drs. H. Adi Dasmin, MM. sebagai kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah Dra. Lily Handasah, dan para staf serta guru-guru SMP Negeri 115 Jakarta berusaha mengimplementasikannya dalam berbagai bentuk inovasi untuk mencapai visi tersebut, hal ini terlihat dari usaha-usaha sekolah melaksanakan kegiatan antara lain :

1. Tiada Kelas Tanpa Guru

Guru-guru di sekolah ini dengan penuh kesadaran dan keiklasan melaksananakan semboyan ini. Hal ini terlihat saat bel masuk sekolah, tidak satupun guru yang berada di dalam ruang guru. Ia berusaha memeuhi kewajibannya itu. Pada saat jam sekolah berakhir tidak terlihat guru itu bergegas pulang atau pergi ke tempat lain, bahkan jika ada siswa yang menanyakan sesuatu dilayani dengan baik tanpa terburu-buru.

2. Ciptakan Rasa Senang di Sekolah

Untuk mencipatakan suasana yang tidak membosankan dan betah di sekolah, Kepala sekolah telah berusaha agar sekolah dapat menjadi rumah yang kedua bagi siswanya. Untuk itu pihak sekolah menyediakan berbagai fasilitas bagi siswanya diantaranya ruang multimedia, lab bahasa, laboratorium IPA (fiska dan biologi), Musholla, ruang ketrampilan, ruang musik, laboratorium dan kantin yang menyediakan berbagai makanan yang bersih dan sehat.

Pelajaran Sulit menjadi Mudah karena Menyenangkan

Selain itu berbagai metode pelajaran juga diterapkan di sekolah ini antara lain CTL (Contekstual Teaching Learning), diskusi, presentasi siswa, praktikum, dan lain-lain, berbagai kegiatan pendukung kurikuler juga dilaksanakan seperti : PASKIBRA, PMR, PRAMUKA, KIR dan lain-lain. Kegiatan dalam rangka hari kemerdekaan dan keagaamaan juga selalu rutin dilaksanakan.

3. Pendalaman Materi

Bagi siswa siswi kelas 2 dan kelas 3 diberikan pendalaman materi di luar jam pelajaran. Pendalamn materi dilakukan oleh guru-guru sekolah sendiri. Pendalaman materi ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan siswa dan siswi dalam memahami dan mengerti pelajaran yang disampaikan guru, yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik.

Bagi siswa yang jauh ketinggalan dengan siswa lain di dalam kelas diberikan penambahan pendidikan selama tiga bulan menjelang ujian akhir sekolah. 8 orang siswa diambil dari setiap kelas yang menempati peringkat terbawah dalam kelas. Hasil ujian yang diperoleh siswa-siswi yang mendapatkan program khusus ini ternyata cukup baik dan mampu mensejajarkan nila mereka dengan teman-temannya, sehingga rentang nilai yang demikian jauh dapat diminimalisir.

4. Tidak Ada Kelas Unggulan

Dalam penerapan pembagian kelas bagi siswa-siswi di sekolah ini tidak dtentukan anak-anak yang pintar dan yang biasa saja, semua anak secara acak ditempatkan pada kelas-kelas yang tersedia, jadi tidak ada istilah kelas unggulan dan kelas biasa, semua sasma. Meskipun tigkat kompetisinya kurang, namun prestasinya cukup memuaskan. Hal ini disebabkan siswa yang tadinya mempunyai kemampuan minim setelah bergabung dengan anak-anak yang pandai menjadi lebih meningkat prestasinya.

Berbagi prestasi telah diraih, berbagai penghargaan telah diterima. Ini semua berkat kerja keras seluruh komponen sekolah mulai dari Pengurus Sekolah, Staf Pengajar dan juga para Siswa.

* Peringkat 1 NEM 1996/97 Sekolah negeri se DKI Jakarta
* Peringkat 1 NEM 1997/98 Sekolah negeri se DKI Jakarta
* Peringkat 1 NEM 1997/98 Sekolah negeri se DKI Jakarta
* Peringkat 1 NEM 1998/99 Sekolah negeri se DKI Jakarta
* Peringkat 1 NEM 1999/01 Sekolah negeri se DKI Jakarta dan Peringkat 3 Sekolah swata negeri dan swasta

Siswa Berprestasi

* Peringkat 1 NEM 2001/02 sekolah negeri se DKI Jakarta Peringkat 1
* UAN 2002/03 Sekolah negeri se DKI Jakarta dan Nasional
* Peringkat 1UAN 2003/04 Sekolah negeri se DKI Jakarta
dan Nasional
* Peringkat 1 UAN tahun 2004/2005 sekolah negeri seDKI Jakarta.
* Juara 2 Kompetisi Matematika se DKI Jakarta tahun 2002
* Juara 1 Bola Basket Putri se Jakarta Timur 2003
* Juara 1 Tata Upacara bendera se DKI Jakarta 2004
* Juara MTQ perorangan putra 2003
* Juara 1 kompetisi Bahasa Inggris untuk “written” tahun 2005 tingkat kodya Jakarta Selatan
* Juara 3 Futsal tingkat DKI Jakarta 2004
* Juara 1 Kompetisi PA Biologi se DKI Jakarta 2002 Gabriela atas nama Gabriela
* Juara 1 Olimpiade Sains tingkat DKI 2003 atas nama Gabriela
* Peringkat 10 Olimpiade Sains Tingat Nasional ke 2 di Balikpapan atas nama Gabriela
* Juara 1 Olimpiade Sains tingkat DKImata pelajaran Biolagi atas nama Lovelinez
* Medali Perak Olimpiade Sains tinngkat Nasional 2004 di Pekan baru mata pelajaran biologi atas nama Lovelinez
* Juara 1 pelajar teladan tingakt DKI Jakarta tahun tahun 2003 atas nama Ryan Putra Pratama
* Juara 1 Smart Student (pelajar teladan) tingkat DKI Jakarta tahun 2005 atas nama Miranda
* Juara 1 Olimpiade Sains tingkat DKI bidang studi Fisika atas nama Mahesa Ramadhana
* Medali emas olmpiade Sains tingakat Nasional ke IV di Jakarta 2005 atas nama Mahesa Ramadhana
* Medali perunggu olmpiade Sains tingakat Nasional ke V di Semarang 2006 atas nama Andi Rama Sulaiman
* Medali perak olmpiade Sains tingakat Nasional ke V di Semarang 2006 atas nama Rida Melinda

SMP Negeri 115 Jakarta, merupakan sekolah unggulan di DKI Jakarta dan merupakan Sekolah Standar Nasional (SSN) yang menyelenggarakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sejak tahun 2002. SMP negeri 115 Jakarta menyelenggarakan Program Billingual. Dan pada tahun 2007, menjadi?Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.

Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan administrasi sekolah, saat ini SMP Negeri 115 Jakarta didukung :

* Gedung 3 Lantai yang terletak di jantung kota Jakarta dengan 29 ruang kelas.
* Ruang Multimedia

Untuk gambar yang lebih jelas silahkan menuju halaman Photo Album

* Ruang Perpustakaan yang sangat memadai.
* Laboratorium Fisika
* Laboratorium Biologi
* Laboratorium Komputer & Internet
* Laboratorium Bahasa
* Ruang Ketrampilan
* Ruang Kesenian
* Musholla
* Koperasi
* Ruang UKS (Unit Kegiatan Siswa)
* Ruang PMR (Palang Merah Remaja)
* Ruang Paskibra
* Ruang OSIS
* Ruang Agama
* Ruang Pramuka
* Ruang Pertemuan (AULA)
* Sarana Olah raga

Selain itu untuk mendukung kegiatan administrasi sekolah, guru dan staff, SMP Negeri 115 Jakarta memiliki :

* Ruang Kepala Sekolah
* Ruang BP / BK
* Ruang Guru
* Ruang Tata Usaha

Dan tidak ketinggalan, SMP Negeri 115 Jakarta, juga menyediakan Kantin yang cukup memadai untuk menampung seluruh peserta didik.

Alamat: Jalan Tebet Utara III Jakarta Selatan, telp: Telp 8297511
website SMP 115 Jakarta


Kirimkan profil sekolah anda ke: redaksi@lintasjakarta.com. Atau posting sendiri dengan menjadi member lintasjakarta.com. Atau bagi sekolah yang ingin diliput, silakan menghubungi kami di: redaksi@lintasjakarta.com

Depan | RSS 2.0 | Kategori: Profil SMP | Trackback | 16 Comments

Advertisement


Komentar

16 Responses to “Profil SMP Negeri 115 Jakarta”

  • DAJAQ 151 says:

    Salam Pramuka, Salam DAJAQ Sekedar info kami Pramuka SMP Negeri 151 Jakarta Utara akan mengadakan GELORA SALISA IV untuk Penggalang tingkat SD dan SMP pada tanggal 17 Mei 2009 untuk info lebih lanjut bisa menghubungi Yadi : 021-98845782 Tommy : 0817858101 Nova : 021-930601717 atau bisa juga melalui email dajaq151@yahoo.com. Jayalah selalu Pramuka Indonesia

  • Ari says:

    Kepada Yth.
    Kepala Sekolah SD/SMP/SMA/SMK
    di-
    Jabodetabek

    Perihal : Solusi Pembelian Barang ATK & Lainnya.

    Dengan hormat,
    Sehubungan dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah dan Peraturan Daerah dalam hal SPP yaitu mulai bulan Januari 2009 siswa tingkat SD dan SMP dibebaskan SPP serta untuk tingkat SMA/SMK tidak lama lagi, maka kami ingin membantu solusi Bapak/Ibu dalam hal Pembelian Barang Perlengkapan ATK, Komputer, dan lainnya dengan Pembayaran Tunai saat Dana BOS Cair atau Maksimum 3 bulan tanpa bayar DP, Angsuran ke-1 dan ke-2.
    Untuk itu Bapak/Ibu tidak perlu lagi merasa cemas dan bingung dalam hal kebijakan Pemerintah Sekolah Gratis. Kami memberikan Nama-nama barang terlampir di hal 2 dan
    Tabel Pembayaran Tunai

    Jumlah Pembelian
    Barang ATK + DLL

    Pembayaran Saat
    Dana BOS Cair

    Jumlah Pembelian
    Barang ATK + DLL

    Pembayaran Saat
    Dana BOS Cair

    Rp. 1.000.000 Rp. 1.150.000 Rp. 6.000.000 Rp. 6.900.000
    Rp. 2.000.000 Rp. 2.300.000 Rp. 7.000.000 Rp. 8.050.000
    Rp. 3.000.000 Rp. 3.450.000 Rp. 8.000.000 Rp. 9.200.000
    Rp. 4.000.000 Rp. 4.600.000 Rp. 9.000.000 Rp. 10.350.000
    Rp. 5.000.000 Rp. 5.750.000 Rp. 10.000.000 Rp. 11.500.000
    Catatan : Harga barang disesuaikan dengan harga pasaran dan Pembayaran Dana Bos Cair sudah termasuk administrasi, transpor PP Maks 20 Km, Provisi, Meterai dan lain-lain.

    Perlu diketahui oleh Bapak /Ibu, 10% dari keuntungan, kami jamin sisihkan untuk zakat/ menyantuni anak yatim piatu/ fakir miskin atau yang berhak menerima sesuai aqidah agama.

    Demikian surat penawaran ini kami sampaikan.
    Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Depok, …………………………………………….
    Hormat kami,
    Direktur

    Y. Safari

  • santana says:

    mhn cek, pada tahun ajaran 2003-2004 dan 2005-2006 peringkat NEM DKI itu bukan SMPN 115, benarkah ?

  • prasatya says:

    Salam Pramuka…!!!
    saya dri Pramuka SMP 140 JKT Almt Komplek Setneg Blok’A Sunter Agung,Tg. priok, JU. ingin mengajak, Pramuka SMPN 115 utk berpartisipasi kegiatan perdana kami yang akan diselenggarakan tgl 09 Agustus 2009.
    Hadiah :
    1. Juara Umum SMP/Sedrjt Tidak bergilir
    2. Juara Umum SD/Sedrjt Tidak bergilir
    3. Juara 1,2,3 SMP Putra, SD idem
    4. Juara 1,2,3 SMP putri, SD idem
    5. Prestasi I (Per-POS) SMP Putra, SD idem
    6. Prestasi I (Per-POS) SMP Putri, SDidem
    Tolong diinformasikan kpada GUDEP yang lain.
    Terima kasih sebelumnnya
    info lebih lanjut silakan hub : 021-46401735 (Rochmad).

  • Dajaq151 says:

    Salam pRamuka……!
    Salam DAJAQ bwt qta cmua…
    Smp 115 emank skLAh top dah, tpi knp ya pRamuka smp 115 gagH pRnah ada di aCara” pRAmuka di dki tau nOn dki??

  • NIra Kirana says:

    Asslm. Saya membutuhkan informasi mengenai biaya masuk untuk tahun terakhir (2008 atau 2009)serta SPP/bulan untuk kelas reguler maupun SBI (sebagai bahan acuan untuk tahun depan). Mungkin ada siswa atau orang tua murid SMP 115 yang dapat membantu. Terima kasih, wass.

  • masithah meili says:

    ngewe yuk….
    aku adalah murid smp 115 jkt

  • sebenarnya SMP 115 masih menerima siswa regular nggak sih?

  • taryesya says:

    kalu w cii gk bakalan ngomentari smp 115 heheheheheheng cmn mau kasih hiburan aja hihihihi….

  • gasa says:

    bagus smpn115

  • riia baduttttt says:

    hayyyyy alll gmn nih sm tim bskt smpn 151 ? smoga maju dehh tim bskt ,,,

  • vika says:

    keren lah nih sekolah

  • angel says:

    gw mau masuk saaaaanaaaa tapi gak tau deh gw dapet name berapa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Ita says:

    Mau tanya, Kapan penerimaan murid baru tahun ini dan syarat2nya.

    Terima kasih

  • mahdi shahab says:

    saya alumni SMPN 115, anak saya ingin masuk SMPN 115. apakah masih teredia jalur prestasi.

    Anak saya mempunyai prestasi di bidang karate dan peringkat 1 di kelas.

    mohon infonya
    terimakasih
    mahdi Shahab

Isi Komentar

 

Iklan Baris

Cairan Kimia Pembersih

menyediakan cairan kimia pembersih untuk Laundry, Rumah Makan, Hotel, dan Perkantoran. Juga….

www.holytech.co.id

Travel ke bandara

Citayam Ekspress. Satu-satunya Angkutan ke Bandara yang Profesional. Contact: Andi Mulya, M.Si….

http://citayam-ekspress.blinkweb.com/

Butuh dana cepat

Dana tunai. Proses cepat dan mudah. Bunga terendah 0,1%. web: danatunaiku.com

www.danatunaiku.com

Jasa Pembuatan Website

Melayani pembuatan website untuk sekolah, Organiasi, perusahaan, dengan CMS atau PHP. Kunjungi:….

www.paradesain.net
Mau pasang iklan baris di sini?
Hanya Rp50.000 selama 1 bulan
Kontak: marketing@lintasjakarta.com
atau melalui form ini
  • Facebook

© Copyleft 2010-2012 by LintasJakarta.com
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: redaksi@lintasjakarta.com
Beranda | Tentang Kami | Info Iklan | Kontak Kami | Info Liputan | Sitemap | RSS
LintasJakarta.com - berita dan informasi jakarta
Powered by Wordpress--Developed by: paradesain.net