Profil SMP Negeri 19 Jakarta

Ditulis: 14 - Mar - 2009
Oleh: admin
Kategori: Profil SMP
Dilihat: 3,193 kali

A. Identitas Sekolah
1. Nama sekolah : SMP Negeri 19 Jakarta
2. NSS : 201016306101
3. Alamat : Jl. Bumi Blok E No. 21 Kebayoran Baru Jakarta Selatan Tlp.021-7250219 Fax. 021-72786421
4. Web: www.smpn19jkt.sch.id
5. Email : supports@smpn19jkt.sch.id
6. Kecamatan : Kebayoran Baru 12120
7. Kota administrasi : Jakarta Selatan
8. Propinsi : DKI Jakarta
9. Rekening : Bank BRI Cabang Fatmawati Unit Mayestik No. Rek. 079601000012301

SEKOLAH NEGERI BERTARAF INTERNASIONAL, SEKOLAH INCERAN WARGA DKI, inilah judul dalam website SMP Negeri 19 Jakarta. Selain itu, sekolah ini mengaku sebagai sekolah kumpulan para “kutu buku” dan “bintang sinetron”.

Itulah opini yang berkembang di kalangan masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. Sekolah yang hampir semua penghuninya adalah “anak-anak pintar dan bintang film” ini, dianggap sebagai sekolah favorit dengan program pendidikan berkualitas dan bertaraf internasional dengan fasilitas sarana prasarana yang sangat memadai. SMPN 19 dikenal juga dengan kegiatan ekskulnya yang seabreg terutama Paduan Suara yang menjadi “ikon” langgganan tampil di Istana Negara setiap tahunnya. Selain ekskulnya menonjol, bidang akademik juga tidak ketinggalan terbukti dari tingginya rata-rata perolehan nilai UN dan persentase siswa yang diterima di SMA Negeri favorit dan sederet piala yang terpajang diruang kepala sekolah, perpustakaan dan ruang OSIS. Mendapat julukan sekolah unggulan ditambah dengan kata “plus” dan “bertaraf internasional”, tentu punya kebanggaan tersendiri. Sebab untuk mencapai itu semua, memerlukan perjuangan yang sangat panjang dan melelahkan. Menyandang nama besar sekolah unggulan yang sering dikunjungi oleh sekolah-sekolah lain se nusantara merupakan berkah yang akhirnya membuat SMPN 19 terus berusaha meningkatkan mutu pelayanan dan mutu lulusan.

Hal inilah yang akhirnya selalu memacu warga SMPN 19 berusaha untuk memproyeksikan diri menjadi sekolah pusat sumber belajar dan pusat informasi bagi sekolah-sekolah disekitarnya. Artinya, bukan hanya memberikan manfaat kepada peserta didik dilingkungan SMPN 19 saja, tetapi juga bermanfaat bagi peserta didik di sekolah lain melalui study exchange atau pertukaran pelajar dan ini memiliki gaung yang bisa didengar baik didalam negeri, maupun mancanegara. Hal ini menyebabkan SMPN 19 banyak dikunjungi sekolah-sekolah dari dalam negeri maupun luar negeri.

Karena itu para orang tua sangat antusias dan mempercayakan SMPN 19 Jakarta bisa mengantarkan putra-putri mereka masuk ke sekolah negeri pilihan. Karena antusias masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang sangat menginginkan putra/i nya menimba ilmu di SMPN 19 Jakarta, membuat jumlah pendaftar yang masuk ke SMPN 19 Jakarta terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini membuat siswa/i terbaik saja yang dapat diterima di SMPN 19 Jakarta.

Sebagai sekolah menengah pertama yang mempunyai ciri khas dalam mengembangkan visi, misi, tujuan, “pelayanan mutu” dan kualitas pendidik untuk “pelanggan” sesuai dengan gelar ISO yang disandangnya terus berusaha menyeimbangkan bekerjanya otak kanan dan otak kiri siswa melalui kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler yang seabreg banyaknya sampai menyedot perhatian masyarakat. Sehingga sekolah ini pun menjadi sangat difavoritkan bagi orang tua yang menginginkan putra-putrinya menimba ilmu sambil berkarya guna mengembangkan kompetensi dan potensinya masing-masing.

Berdasarkan visi misi SMPN 19 Jakarta, ada dua hal yang menjadi fokus utama pendidikan, yaitu pembekalan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan dan ilmu pengetahuan teknologi yang berkualitas nasional bertaraf internasional. Kemajuan arus teknologi informasi dan komunikasi serta era globalisasi dapat dengan mudah dan cepat diakses oleh siswa SMPN 19 Jakarta melalui warnet sekolah yang berada di laboratorium komputer, teacher center, atau dikantin melalui Wifi yang merupakan media pendukung pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Kejadian diberbagai belahan dunia hanya dalam waktu hitungan menit bahkan detik dapat segera diketahui oleh siswa melalui internet sekolah.

Sapaan salam yang hangat penuh kekeluargaan yang disampaikan setiap hari di pintu gerbang oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, para staf, guru piket dan guru-guru secara bergantian pada saat siswa/i memasuki gerbang di SMPN 19 Jakarta membuat teduh siswa/i untuk memulai beraktifitas menimba ilmu.Dan sapaan salam yang terucapa dari wajah-wajah penuh santu siswa/i SMPN 19 Jakarta dengan balutan busana muslin setiap hari Jum’at yang khas, sangat jelas mencerminkan sekolah yang mengedepankan nilai-nilai aqidah agama.

Semboyan 3 S, sapa, salam dan senyum telah berhasil merubah sikap siswa dalam pergaulan di lingkungan sekolah atau di masyarakat.

SMP Negeri 19 Jakarta merupakan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)

Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didik berdasarkan standar nasional pendidikan (SNP) Indonesia dan tarafnya internasional, sehingga lulusannya memiliki daya saing internasional. SBI = SNP + X Standar Nasional Pendidikan adalah standar pendidikan meliputi : kompetensi lulusan, isi, proses pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan pra sarana, dana, pengelolaan dan penilaian. X adalah penguatan , pengayaan, pengembangkan, perluasan, pendalaman materi pembelajaran melalui adaptasi atau adopsi terhadap standar pendidikan, baik dalam maupun luar negeri yang telah memiliki reputasi, mutu yang diakui secara Internasional.

Karakteristik SBI

1. Menerapkan KTSP yang dikembangkan dari sandart isi, standart kompetensi kelulusan dan kompetensi dasar yang diperkaya dengan muatan internasional.

2. Menerapkan proses pembelajaran dalam bahasa inggris untuk mata pelajaran MIPA, bahasa inggris, dan TIK.

3. Mengadopsi buku teks yang digunakan SBI (negara maju).

4. Menerapkan standar kelulusan yang lebih tinggi dari standar kompetensi lulusan (SKL) yang ada di dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP)

5. Pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar kompetensi yang ditentukan dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP)

6. Sarana /prasarana memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP)

7. Penilaian memenuhi Standar Nasional dan Internasional..

SMP Negeri 19 Jakarta merupakan salah satu sekolah koalisi nasional maupun regional (SEAMEO-QEE)

Sekolah koalisi di Indonesia yang mulai dipersiapkan tahun 2002-2003 terdiri atas sekolah koalisi regional dan sekolah koalisi nasional. Ada dua SD dan dua SMP yang masuk sekolah koalisi regional, SDN 01 Menteng Jakarta dan SD 1 PB Sudirman, untuk tingkat SMP, SMPN 19 Jakarta dan SMP Al-Azhar Jakarta.

Sekolah koalisi adalah sekolah yang memiliki visi dan misi serta tujuan yang jelas, menjadi model bagi sekolah disekitarnya, etos kerja yang baik, manajemen sekolah yang baik, harapan guru yang tinggi, guru sebagai contoh teladan yang positif, memberi perlakuan yang sama pada siswa, membagi aktivitas guru dan staf, guru-guru mempunyai komitmen yang kuat, dan didukung oleh guru-guru dengan kepemimpinan yang kuat dar kepala sekolah.

Sekolah koalisi ini menjalin kerjasama pendidikan negara Asia Tenggara dalam hal upaya peningkatan kualitas (quality) pendidikan dan persamaan perlakuan (equity) kepada semua anak usia wajib belajar khususnya sekolah anggota koalisi. Keuntungan lain menjadi sekolah koalisi yaitu :

1. Memiliki jaringan tingkat Asia Tenggara anggota SEAMEO (Thailand, Malaysia, Indonesia, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, Flipina)

2. Memiliki peluang kerjasama bidang akademis & non akademis baik dalam maupun luar negeri

3. Dapat mengembangkan jaringan informasi dan komunikasi melalui media internet

SMPN 19 sebagai sekolah koalisi menjadi model pelaksanaan bagi sekolah disekitarnya ditingkat kabupaten atau kota, nasional, dan internasional. Identifikasi sekolah koalisi adalah sekolah tang berpotensi untuk berkembang. Sekolah koalisi memiliki kriteria tertentu yang telah digariskan leh Depdiknas sebagai berikut:

* Sekolah negeri atau swasta memiliki rombongan belajar lebih dari 6 rombongan belajar, memiliki lahan yang cukup untuk pengembangan.

* Sekolah negeri atau swasta memiliki guru dengan kualifikasi S1 per mata pelajaran dan terlatih, berkualifikasi, berkompeten, dan berkomitmen dalam bertugas.

* Sekolah negeri atau swasta memiliki jumlah siswa perkelas tidak lebih dari 40 siswa

* Sekolah negeri atau swasta memiliki ruang yang memadai dan sedang melaksanakan inovasi pendidikan (life skill, MBK, MPMBS, dan sebagainya).

* Sekolah negeri atau swasta memiliki dewan sekolah atau komite sekolah dan partisipasi masyarakat yang besar.

* Sekolah negeri atau swasta memiliki prestasi akademik dan non akademik yang cenderung meningkat, memanfaatkan komputer kegiatan administrasi, siswa aktif dalam kegiatan belajar dan kesiswaan, guru aktif dalam kegiatan MGMP, kepala sekolah aktif dalam kegiatan MKS dan menunjukkan kepemimpinan yang kuat serta efektif.

* Sekolah negeri atau swasta memiliki fasilitas information, communication (ICT), terbuka untuk semua golongan, memberikan kesempatan yang sama, melaksanakan kebijaksanaan pemerintah yang terkait dengan quality and equity melalui pendekatan 5 komponen = School Based Management, Learning Environment, Teacher Competencies and Rewarding System, Curriculum and Learning Material, Community Partisipation.

Selain sebagai sekolah koalisi, SMPN 19 Jakarta juga ditunjuk sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN). Hal ini dinyatakan dalam surat keputusan Nomor : 1147 A/C3/SK/2004. Tanggal 5 Juli 2004, tentang penetapan SMP standar nasional.

Sekolah Standar Nasional (SSN) merupakan sekolah yang telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang berarti memenuhi tuntutan standar pelayanan minimal (SPM) sehingga diharapkan mampu memberikan layanan pendidikan yang standar dan menghasilkan lulusan dengan kompetensi sesuai dengan standar nasional yang ditetapkan. Sekolah standar nasional (SSN) telah mampu memberikan layanan pendidikan kepada anak didik, sesuai dengan standar minimal yang telah ditetapkan. oleh karena itu, SSN pada dasarnya dapar berfungsi sebagai sekolah model, artinya dapat dijadikan model bagaimana menyelenggarakan sekolah sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan secara nasional.

SMP Negeri 19 Jakarta menyelenggarakan pelaksanaan terbatas pembelajaran MIPA, berbahasa inggris, (kelas bilingual) Pembelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam dalam bahasa inggris (bilingual) adalah pembelajaran materi pelajaran, proses belajar mengajar, dan penilaian disampaikan dalam bahasa inggris. Pembelajaran matematika dan IPA dalam bahasa inggris ini pada awalnya menggunakan kurikulum nasional yang berlaku yaitu kurikulum 2004 yang berbasis kompetensi (KBK) , dengan menggunakan pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning/ CTL).

Pembelajaran matematika dan IPA dalam bahasa inggris bertujuan untuk :

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi dalam matematika dan IPA sesuai dengan perkembangan ilmu-ilmu tersebut.

2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemahiran berbahasa inggris yang tinggi

3. Meningkatkan penguasaan matematika dan IPA dalam bahasa inggris sesuai dengan perkembangan internasional

4. Meningkatkan kemampuan daya saing secara internasional tentang ilmu matematika dan IPA sebagai ilmu dasar bagi perkembangan teknologi ( trasportasi, kontruksi, bio dan energi)

5. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa dalam bahasa inggris, artinya siswa memiliki kemahiran bahasa inggris yang baik dan

6. Menghubungkan Indonesia dalam perkembangan internasional dibidang matematika, IPA, Informasi, dan Teknologi.

SMPN 19 salah satu penyelenggara program akselerasi atau Anak Cerdas Istimewa (ACI) sebanyak 8 angkatan dan sudah meluluskan 6 angkatan dengan prestasi yang memuaskan.

Kelas akselerasi atau Anak Cedas Istimewa (ACI) adalah program layanan pendidikan yang diberikan kepada siswa yang memiliki kemampuan, bakat dan kecerdasan luar biasa untuk dapat menyelesaikan belajar yang lebih cepat dari siswa yang lain (program reguler). Melalui layanan ini peserta didik yang seharusnya menyelesaikan studi dalam 3 tahun diprogram untuk dapat menyelesaikan materi kurikulum dalam 2 tahun.

SMP Negeri 19 merupakan sekolah unggulan di DKI Jakarta sebagai peringkat 4 besar dari 286 SMP Negeri di DKI Jakarta.

Sekolah unggulan adalah sekolah yang mampu membawa setiap siswa mencapai kemampuannya secara terukur dan mampu ditunjukkan prestasinya, dimana sekolah menerima dan menyeleksi secara ketat siswa yang masuk dengan kriteria memiliki prestasi akademik yang sesuai kriteria, kemudian lulus dengan nilai akademik yang tinggi sehingga dapat diterima di sekolah favorit, serta akademik yang sesuai kritera, kemudian lulus dengan nilai akademik yang tinggi sehingga dapat diterima di sekolah favorit, serta ditopang oleh sarana prasarana yang memadai dan lengkap.

SMP Negeri 19 Jakarta merupakan sekolah piloting terbatas kurikulum berbasis kompetensi (KBK) sejak tahun 2002

SMPN Negeri 19 Jakarta ditunjuk oleh Dirjen Dikdasmen sebagai sekolah piloting untuk pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) bersama 90 sekolah diseluruh Indonesia. Hal ini merupakan suatu prestasi besar sekaligus amanat yang dilaksanakan sebaik-baiknya guna mewujudkan visi dan misi SMPN 19 Jakarta serta tujuan bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

SMPN 19 Jakarta merupakan sekolah yang sudah bersertifikat ISO : 9001:2000 ISO 9001:2000 adalah sistem manajemen mutu yaitu: sistem manajemen untuk mengarahkan dan mengontrol organisasi berkaitan dengan mutu, yaitu :ISO 9001:2000 adalah Sistem Manajemen Mutu, yaitu :

1. Sesuai dengan persyaratan-conformance to requirements
2. Sesuai dengan pemakaian-fitness for use
3. Kepuasan pelanggan-user satisfaction

Mutu (Quality) adalah : derajat yang dicapai oleh karakteristik yang inheren dalam memenuhi persyaratan (degree to which a set of inherent characteristics fulfils requirements), mutu untuk pelayanan yang memuaskan pelanggan sesuai peraturan pemerintah yang berhubungan dengan produk yang dipasarkan, berupa jasa.

MANFAAT PENERAPAN ISO 90001-2000

1. Menghadapi era perdagangan bebas (AFTA) 2003, sekolah sudah menerapkan sistem manajemen. Mutu agar membantu sekolah dalam meningkatkan kepercayaan dan kepuasaan pelanggan melalui penyediaan jaminan mutu yang lebih baik.

2. Nilai kompetisi dan image sekolah semakin meningkat dengan sertifikat ISO 9001:2000.

3. Penerapan ISO 9001:2000 akan meningkatkan produktivitas, efisiensi, efektifitas operasional dan mengurangi biaya yang ditimbulkan barang cacat (reject) atau barang bermutu rendah dan limbah.

4. Membuat sistem kerja di sekolah menjadi standar kerja yang terdokumentasi dan mempunyai aturan kerja yang baik sehingga memudahkan dalam pengendalian.

SMP Negeri 19 Jakarta telah menerima enam surat keputusan (SK) dari Dirjend Dikdasmen Depdiknas tentang, (1) Perluasan sasaran pelaksanaan terbatas KBK (kurikulum 2004), (2) Penetapan SMP piloting KBK, (3) Pelaksanaan terbatas pembelajaran MIPA berbahasa inggris, (4) SMP koalisi nasional dan regional (SEAMEO-QEE), dan (5) Penetapan SMP standar nasional (SSN), serta (6) Rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI)

A. Sejarah Singkat dari masa ke masa

Bermula dari sebuah sekolah guru bantu (SGB V) yang termasuk kategori besar maka melalui Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 06/SK/B/III/59 tanggal 1 Agustus 1959 resmi menjadi SMPN 19 Jakarta. Kemajuan yang dicapai SMPN 19 Jakarta, tidak terlepas dari peran Kepala Sekolah. Melalui Kepala Sekolah, segala hal yang menyangkut proses belajar mengajar, hingga manajemen sekolah, bisa berjalan dengan lancar. Kepala Sekolah yang telah memimpin dan mengembangkan SMPN 19 Jakarta sehingga menjadi sekolah bertaraf internasional (SBI). Berikut ini nama-nama kepala sekolah yang telah menyetir SMPN 19 Jakarta hingga berhasil seperti sekarang, yaitu :

1. Drs. Hutauruk, 1959
2. Drs. Baginda Sitorus, April 1962 s.d Mei 1967
3. Wasman M.W Sirait, Mei 1967 s.d Januari 1980
4. D. Rivai Harahap, B.A, Januari 1980 s.d 1983
5. Tohali, B.A, Desember 1983 s.d Agustus 1985
6. S. Kurnaini, Agustus 1985 s.d Januari 1987
7. Drs. Ukan Ahmad S, Februari 1987 s.d Mei 1988
8. Drs. Soejoed Poedjo Soedarmo, Mei 1988 s.d Maret 1994
9. Drs. G. Tambunan, Maret 1994 s.d November 1999
10. Dra. Hj. Tetty Harahap, Desember 1999 s.d Maret 2000
11. Drs. L. Saragih, April 2000 s.d November 2000
12. Agus A. Saputra, Pjs November 2000 s.d Januari 2001
13. Drs. H. Adi Dasmin, MM, Februari 2001 s.d Februari 2005
14. Drs. H. Muhammad Nur, MM, Februari 2005 s.d sekarang

Berikut ini kilas balik cerita masa-masa kepemimpinan beliau, antara lain :

1. Masa peralihan SGB V ke SMPN 19 Jakarta SMP Negeri 19 Jakarta pertama kali dibuka pada tanggal 1 Agustus 1959, pada waktu itu bernama SGB Vdibawah pimpinan Bapak Hutauruk. Masa peralihan dari SGB V ke SMPN 19 Jakarta sampai menamatkan angkatan I waktu itu dibawah komando Bapak Hutauruk.

2. Masa kepemimpinan Bapak Drs. Baginda Sitorus, April 1962 s.d Mei 1967 Bapak Drs. Baginda Sitorus, April 1962 s.d Mei 1967 sejak awal dibuka, SMPN 19 Jakarta dimulai dengan 12 kelas yang terbagi atas 4 kelas I, 4 kelas II, dan 4 kelas III dengan 24 orang guru dan karyawan. Saat itu SMPN 19 terkenal dengan julukan sekolah “baskom” sebab setiap musim hujan seluruh air masuk ke lingkungan sekolah. Biasanya kalau sudang tergenang 3 hari baru surut, siswa/i senang karena 3 hari libur.

3. Masa kepemimpinan Bapak Wasman M.W. Sirait, Mei 1967 s.d Januari 1980 Sejak tahun 1967 kepemimpinan digantikan oleh Bapak Wasman M.W. Sirait yang menjabat sampai tahun 1980. Saat kepemimpinan beliau SMPN 19 sering digunakan untuk tempat pendidikan dan pelatihan (diklat) baik tingkat regional maupun tingkat nasional. Disamping itu beliau aktif berkomunikasi dengan Dikmenum Depdikbud di Hang Lekir, Depdikbud memang belum memiliki LPMP atau BPG. Sarana yang dimiliki SMPN 19 sudah memiliki 2 lab IPA tahun 1978 Depdikbud menyelenggarakan program nasional pendidikan melalui TVRI, SMPN 19 salah satu sekolah model untuk pendayagunaan lab IPA. Seiring dengan perjalanan waktu SMPN 19 Jakarta semakin berkembang dan telah merenovasi gedung, sementara belajar di SMPN 56 Jakarta. SMPN 19 Jakarta memiliki kelas jauh, yang sekarang menjadi SMPN 185 Jakarta.

4. Masa kepemimpinan Bapak D. Rivai Harahap, Januari 1980 s.d 1983 Mulai tahun 1980 sampai dengan tahun 1983 kepemimpinan sekolah digantikan oleh Bapak D.R Harahap. Saat kepemimpinannya SMPN 19 Jakarta mendapatkan julukan sekolah teladan tingkat DKI Jakarta. Beliau memimpin 19 dimulai dari penanaman disiplin dengan melakukan menunggu di pintu gerbang menyalami siswa/i dan guru. Bagi guru yang terlambat biasanya salah tingkah, maka keesokan harinya pasti akan masuk lebih pagi. Karena biasanya bagi guru yang terlambat oleh beliau langsung ditegur. Beliau meninggal pada tahun 1983 karena sakit terkena serangan jantung.

5. Masa kepemimpinan Bapak Tohali, B.A, Desember 1983 s.d Agustus 1985 Tahun 1983 sampai dengan tahun 1985, kepemimpinan sekolah dipegang oleh Bapak Tohali, B.A pada saat beliau memimpin, SMPN 19 Jakarta ditunjuk menjadi sekolah sanggar Kebayoran Baru dan Cilandak. Beliau meninggal dunia pada saat melaksanakan ibadah haji bertepatan dengan terjadinya musibah terowongan Mina.

6. Masa kepemimpinan Bapak S. Kurnaini, Agustus 1985 s.d Januari 1987 Beliau mutasi dari SMPN 58. mengembangkan kegiatan ekskul betawi dan paduan suara (ensambel musik). Sejak saat itu SMPN 19 mulai dikenal ensambel music selanjutnya selalu ditunjuk untuk mengikuti kegiatan peringatan 17 Agustus di Istana Negara dikomandoi guru kesenian Ibu Mulyati dan Ibu Reni.

7. Masa kepemimpinan Bapak Drs. Ukan Ahmad S, Februari 1987 s.d Mei 1988 Beliau aktif di MGMP DKI Jakarta.

8. Masa kepemimpinan Bapak Drs. S. Poedjo Soedarmo, Mei 1988 s.d Maret 1994 Menjelang akhir kepemimpinan beliau kegiatan belajar mengajar menumpang di SMAN 70 Bulungan, karena saat itu gedung SMPN 19 sedang direhab total. Kurang lebih dua setengah tahun menumpang, mendapat julukan SMP N 25, karena masuk jam 2 siang pulang jam 5 sore, tapi anehnya walaupun menumpang dengan keterbatasan sarana prasarana prestasi UN dari peringkat 106 menjadi peringkat 36 DKI Jakarta

9. Masa kepemimpinan Bapak Drs. G. Tambunan, Maret 1994 s.d November 1999 Sebelum masa kepemimpinan beliau, SMPN 19 Jakarta baru dikenal ekskul paduan suara yang selalu diikutsertakan dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara.Gedung sekolah masih yang lama dan sering kebanjiran. Nama besar SMP di wilayah Kebayoran Baru masih didominasi SMP Negeri tetangga. Peringkat NEM yang pada saat itu sebagai ukuran mutu tidak pernah menembus 20 besar, akibatnya orangtua belum begitu meirik SMPN 19 Jakarta Pada awal kepemimpinan Bapak Drs. G. Tambunana di SMPN 19 Jakarta, hal utama yang diperhatikan beliau adalah melaksanakan penghijauan. Karena pada saat itu baru menempati gedung baru dan masih gersang. Seiring perkembangan pendididkan dan meningkatnya minat masyarakat menyekolahkan puta-putri mereka ke SMPN 19 Jakarta, maka pada tanggal 12 Agustus 1993 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wardiman Djojonegoro meresmikan penggunaan gedung baru SMPN 19 Jakarta. Gedung baru, kepala sekolah baru, banyak guru-guru baru membuat suasana baru di SMPN 19 Jakarta. Usaha peningkatan nilai UN agar bisa menembus 20 besar berhasil dengan baik, strategi yang dilakukan beliau cukup ampuh berhasil mendapatkan peringkat 18 DKI, tahun berikutnya peringkat 12, dan diakhir menjelang purnabakti beliau mendapat peringkat 8. Sejak nilai NEM kita terus naik dan mendapat peringkat sekolah plus atau sekolah unggulan mulailah orangtua berduyun-duyun untuk meyekolahkan siswa-siswinya. Sejak kepemimpinan beliau SMPN 19 Jakarta mulai diperhitungkan oleh sekolah-sekolah di wilayah Kotamadya Jakarta Selatan karena pengaruh beliau sebagai ketua MKS DKI Jakarta.

10. Masa Kepemimpinan Ibu Dra. Hj. Tetty Harahap, Desmber 1999 s.d Maret 2000 Sehubungan Bapak Drs. G. Tambunan memasuki masa pensiun, maka pada tanggal 1 November 1999, tampuk pimpinan seanjutnya dijabat oleh Dra. Hj. Tetty Harahap, beliau mutasi dari SMPN 13 Jakarta. Beliau hanya menjabat selama 2 bulan. Karena sepulangnya dari melaksanakan ibadah haji ke tanah suci, beliau dipanggil pulang ke pangkuanny. Beliau seorang yang ulet dan disiplin, tidak pernah meninggalkan ajaran agamanya. Hari-hari diisi dengan kesibukan dan mencurahkan segala kemampuan untuk memajukan sekolah. Kata-kata yang paling indah ketika beliau dirawat di rumah sakit haji Pondok Gede adalah “titip SMPN 19 agar nanti dikenal, menjadi sekolah yang sangat dikenal sampai tingkat internasional”

11. Masa kepemimpinan Bapak Drs. L. Saragih, April 2000 s.d November 2000 Menjabat selama 8 bulan, karena beliau juga dipanggil oleh tuhan yang maha esa.

12. Masa kepemimpinan Bapak Agus Achromi Saputra, Pjs November 2000 s.d Januari 2001 Sehubungan Drs. L. Saragih meninggal dunia karena sakit yang dideritanya, maka pada tanggal 5 November 2000 tampuk pimpinan dijabat semantara (Pjs) oleh Bapak Agus A Saputra, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Beliau menjabat selama 6 bulan, pada masa-masa ini merupakan masa yang paling sulit, ibarat anak ayam kehilangan induknya. Karena 2 kepala sekolah terdahulu dalam waktu kurang 1 tahun meninggal dunia. Program sekolah berjalan tersendat-sendat dan tertatih- tatih, dukungan dana dari BP3 ada tapi, berkat kerjasama dan sifat kekeluargaan yang selalu dijaga, segala kesulitan dapat diselesaikan bersama.

13. Masa kepemimpinan Bapak Drs. H. Adi Dasmin, MM, Februari 2001 s.d Februari 200513.

Pada tahun 2001, kepemimpinan SMPN 19 Jakarta mengalami tiga kali pergantian yaitu dari Drs. G. Tambunan ke Dra. Hj. Tetty Harahap (Alm) dari bulan Januari sampai dengan Juni 1992, kemudian digantikan oleh Drs. L. Saragih (Alm) sampai dengan tahun 2000.

Dijabat sementara oleh wakil kepala sekolah Bapak Agus A Saputra yang dijabat selama 6 bulan. Akhirnya pada bulan Februari 2001 djabat oleh Drs. H. Adi Dasmin, MM Biasanya kepala sekolah yang mutasi ke SMPN 19 adalah kepala sekolah yang menjelang purnabakti sehingga gebrakan atau inovasi untuk maju cepat berjalan lambat.

Padahal saat itu guru-gurunya masih muda-muda penuh kreatif dan inovatif. Sejak kepemimpinan Bapak Drs.H.Adi Dasmin MM, banyak perubahan-perubahan yang terjadi yaitu pada tahun 2002 bekerjasama dengan pengurus BP3 (sekarang komite sekolah) dan kedutaan- kedutaan besar dari 32 negara berhasil mengadakan pameran informasi 32 negara dari 5 benua.dari hajatan pameran tersebut telah ditandatangani MOU kesepakatan kerjasama dibidang pendidikan dan kebudayaan dengan Negara Republika de Colombia, SMPN 19 mendapatkan sumbangan fisik berupa 8 perangkat komputer untuk mengakses internet dan pelatihan bahasa spanyol yang masih berlangsung hingga sekarang.

Tahun berikutnya mulai diperhatikan pengembang SDM dengan mengirim guru-guru mengikuti diklat, kursus bahasa inggris dan pengembangan SDM. Selama kepemimpinan beliau prestasi-prestasi akademik dan non akademik banyak diraih oleh SMPN 19 Jakarta Dibidang akademik pada tahun pelajaran 1998/1999 dibentuk 1 kelas unggulan yang diambil dari jumlah rapor terbesar yang dicapai siswa semester 1, sebanyak 40 orang sementara kelas lainnya dikelompokkan secara merata dan hasilnya SMPN 19 Jakarta berhasil menerobos masuk peringkat 5 besar tingkat SMP se DKI Jakarta.

Pada tahun pelajaran 1999/2000 kelas unggulan dikembangkan menjadi kelas akselerasi. Piloting KBK, Pameran 32 negara, Kunjungan dari beberapa sekolah terus berdatangan, pertukaran pelajar, Sekolah koalisi, Brent smart, ISO, Workshop KTSP.

14. Masa kepemimpinan Bapak Drs. H. Muhammad Nur, MM Februari 2005 s.d sekarang

Pada awal tahun pelajaran 2005 masa kepemimpinan SMPN 19 Jakarta dipegang oleh Bapak Drs. H. Muhammad Nur, MM putra asli betawi ini sebelumnya adalah kepala sekolah SMPN 234 Cakung Jakarta Timur.

Masuknya beliau ke SMPN 19 sebagai kepala sekolah memberikan nuansa baru dilingkungan SMPN 19 Jakarta. Program-program segera disusun dengan gaya kreatif dan inovasi yang tepat oleh beliau.

KTSP berdasarkan latarbelakang sebagai guru bahasa inggris, beliau terus merancang program untuk mewujudkan SMPN 19 sebagai sekolah bertaraf internasional terbaik di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan. Pada tahun 2008 SMPN 19 Jakarta mulai mengadakan kerjasama-kerjasama untuk mendukung kegiatan sebagai sekolah bertaraf internasional dengan Loyang Secondary School. Student ekcing,

Keberhasilan beliau dalam memimpin sekolah tidak terlepas dari dukungan sumber daya manusia di sekolah yang memiliki visi dan misi yang sama, bagaimana menciptakan SMPN 19 ini sebagai yang terbaik. Keberhasilan beliau dalam memimpin membuat harum nama sekolah sehingga pada tahun 2007 SMPN 19 menjadi sekolah yang standar bertaraf internasional.

Dalam kepemimpinan beliau telah berhasil menyelesaikan program sekolah yang telah lama disusun oleh para pendahulu pimpinan sekolah diantaranya rehab Musholla, dana pembagunan, pembagunan ruang koperasi siswa dan penyelesaian terbitnya sertifikat tanah dan itu semua dapat diselesaikan tanpa hambatan. SMPN 19 Jakarta mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat sejak berdiri sampai sekarang seperti pembagunan ruang tata boga dan lab bahasa.

Sumber: website SMP Negeri 19 Jakarta


Kirimkan profil sekolah anda ke: redaksi@lintasjakarta.com. Atau posting sendiri dengan menjadi member lintasjakarta.com. Atau bagi sekolah yang ingin diliput, silakan menghubungi kami di: redaksi@lintasjakarta.com

Depan | RSS 2.0 | Kategori: Profil SMP | Trackback | 47 Comments

Advertisement


Komentar

47 Responses to “Profil SMP Negeri 19 Jakarta”

  • heny says:

    Kpn mulai pendaftaran msk smp19 t a 2010-2011? Online atau bagaimana? Berapa kuota dan melalui seleksi hasil UABN atau test spt tahap 1? thanks

  • christabel says:

    saya mau nanya kira-kira kalau mau masuk smpn 19 minimal namenya harus berapa ya?
    kalau name nya 25,75 kira-kira bisa masuk atau tidak….thanks

  • KARNOTO says:

    Ass, pa M.Noor, saya mantan siswa bapak di smp one joe land, dapat undangan ga pa untuk reuni akbar, kagum saya sama bp bisa membuat maju tempat bp sekarang.

  • lala says:

    kalau mau masuk smpn 19 namenya minimal berapa?(soalnya baru mau lulus sd)

  • dewi says:

    saya sekolah di smp ini waktu pak Tambunan menjadi kepsek……..dulu pelajaran sejarah sama pak Minto yg ktnya galak,tapi emg saya suka kali pelajarannya jadi fun2aj. Bravo 19…….

  • ocha taqiyyah says:

    Saya mau nanya untuk name terendah di smp untuk tahun ini brp ya? Kalau dari tangerang ke smp ini name terendah nya brp ya? thanks before

  • ondy siagian says:

    VIVA SMP XIX saya angkatan 1980

  • Daris Dzakwan H says:

    Saya, pelajar kelas VI SD Pelita Bangsa Tangerang Selatan. Boleh Saya tahu apa betul anak anak dari Tangerang kalau mau mendaftar harus lebih tinggi nilai UAN-nya. Misalnya nilai saya 27 artinya saya baru bisa diterima di SMPN 19 ini dengan nilai 19. Saya tunggu konfirmasinya.

    Terima kasih

  • hery says:

    berapa minimal nilai UAN supaya bisa diterima di smp 19?

  • nurhasan says:

    ya andi saya juga alumni 19 angkatan yang sama moga kabarnya baik2aja kabarinyang lain

  • 2890344 says:

    2890344 beers on the wall.

  • I like this info , im adding you to my favorite list! http://www.bailbondslaverne.org/

  • ablaut says:

    Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post. I will certainly return.

  • I am really inspired with your writing abilities as smartly with the structure to your weblog. Is that this a paid topic or did you customize it your self? Either way keep up the nice quality writing, it’s rare to look a great weblog like this one these days.

  • Hey there, have you by chance pondered to create concerning Nintendo or PSP?

  • christine says:

    holla smuanya……… sy christine dari sdk satic kls VI-C. saya pgn ngedaftar di SMPN 19 ini. smoga skloha ini makin maju!!! cayo!

  • choein part says:

    29 juara olimpiade ngalahkan 19 dan labschool,,, good 29!!!

  • Alumni says:

    Jaman saya sekolah di 19, SMPN 29 punya gedung paling bagus di Blok E sedangkan SMPN 11 biarpun reyot tapi dikenal sebagai yang terbaik di antara kami bertiga (11-19-29)… Gak nyangka sekarang jadi mentereng begini SMPN 19… Jaman saya biasanya habis lulus larinya kalo gak ke SMAN 6, 70, ato 82… Saya sendiri masuk 70…

  • M.Muzaeni says:

    untuk thn 2011-2012 nem terendah berapa yg di tentukan.kapan online di buka apasetelah kelulusan sd trim

  • hebat bgt smp 19, terus bersaing ya.

  • Rakhmat Fadhilah says:

    Alhamdulillah akhirnya ketemu juga profile SMPN 19 Jkt, saya alumni, masuk TA 1980-1981 kelas 1 B wali kelas Pak Manurung (guru bhs Inggris), kelas 2 L TA 1981-1982 WK Pak Pakpahan (guru Matematika), lulus TA 1982-1983 kelas 3 A WK Ibu … (orang Minang guru Matematika), Kepala Sekolah Pak D. Rivai Harahap, pengalaman berkesannya sangat banyak, diantaranya menghapal lagu Hymne Guru, Study Tour, kelas 1 & kelas 3 di Gelanggang Samudera Jaya Ancol, Planetarium Cikini dan Kebon Binatang Ragunan (+ Kebun Dinas Pertamanan), waktu kelas 1 masuk siang sekolah sering Banjir dan kita diliburkan (rupanya ada teman2 kita yang agak “nakal” itu saluran buangan air di belakang sekolah ke arah kali kecil disumbat agar banjir dan bisa pulang tidak jadi belajar, waktu kelas 2 L masuk siang (waktu pembagian raport akhir kelas 1 diundi dapatnya kelas 2 masuk siang padahal nilai raport saya rata2 diatas 7, kalo ikut peraturan lama rata2 nilai raport diatas 7 kelas 2 nya nanti pasti saya masuk pagi) nah satu kelas (siswa cowoknya aja) kena tampar di pipi satu persatu sama guru olahraga (Pak Eman Sumusi)karena “dianggap tidak menghormati” latihan upacara penurunan bendera kelas 3 padahal murid2 cewek kelas 2L yang pada ribut dan bercanda (apes amat gue seumur hidup sampai sekarang belum pernah kena tampar dr siapapun kecuali kejadian yg tidak enak itu), kelas 3 A masuk pagi paling indah banget deh disitu ada ujian akhir, pertama ujian akhir SMP saya dapat di SDN Pulo 01 Petogogan hasilnya lumayan bagus (dapat total nilai 88 dari 11 mata study) dan kedua ujian tes masuk SMA ujiannya di SMPN 11 dapat nilai 66 (dulu namanya tes komputer) pengennya sih mau masuk SMAN 70 (menurut hasil tes sih nilai 66 bisa masuk SMAN 70, contoh tetangga rumah & sekolah saya dari SMPN 11 tes komputer dapat 46 diterima di SMA 6), tapi ortu melarang takut pada berantem eh benar aja kan sampai sekarang masih tawuran?, hasil tes komputer tadi diterima masuk SMAN 29 JKT, coba ikut tes masuk Sekolah Asisten Apoteker di Jl. Percetakan Negara Jakpus diterima, coba ikut tes masuk Sekolah Menengah Analis Kesehatan Dinkes TNI AD Jl. Brawijaya 12 Jaksel (sekarang jadi Apartemen Brawijaya)eh diterima juga (inilah hebatnya sekolah di SMPN 19 JKT lulusannya bisa diterima di sekolah mana saja), akhirnya saya ambil pilihan terakhir sampai lulus lalu bekerja di Lab Klinik RS sambil kuliah di Farmasi (tahu gitu ambil Sekolah di SAA aja kali ya? biar nggak muter2),alhamdulillah sampai lulus jadi Apoteker, sekarang mengabdi di Perusahaan Alkes di Jaksel, demikianlah sedikit cerita saya, mudah2an ada teman2 seangkatan yang mengingatnya.TQ
    NB. saya tunggu info teman2 kirim ke email saya di: rf2dilah@yahoo.com.

  • dini herdini says:

    Mohon info pmb 2013 utk smp

Page 2 of 2«12

Isi Komentar

 

Iklan Baris

Cairan Kimia Pembersih

menyediakan cairan kimia pembersih untuk Laundry, Rumah Makan, Hotel, dan Perkantoran. Juga….

www.holytech.co.id

Travel ke bandara

Citayam Ekspress. Satu-satunya Angkutan ke Bandara yang Profesional. Contact: Andi Mulya, M.Si….

http://citayam-ekspress.blinkweb.com/

Butuh dana cepat

Dana tunai. Proses cepat dan mudah. Bunga terendah 0,1%. web: danatunaiku.com

www.danatunaiku.com

Jasa Pembuatan Website

Melayani pembuatan website untuk sekolah, Organiasi, perusahaan, dengan CMS atau PHP. Kunjungi:….

www.paradesain.net
Mau pasang iklan baris di sini?
Hanya Rp50.000 selama 1 bulan
Kontak: marketing@lintasjakarta.com
atau melalui form ini
  • Facebook

© Copyleft 2010-2012 by LintasJakarta.com
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: redaksi@lintasjakarta.com
Beranda | Tentang Kami | Info Iklan | Kontak Kami | Info Liputan | Sitemap | RSS
LintasJakarta.com - berita dan informasi jakarta
Powered by Wordpress--Developed by: paradesain.net