Wisata Jakarta, Taman Margasatwa Ragunan

Ditulis: 11 - Apr - 2009
Oleh: admin
Kategori: Wisata Jakarta
Dilihat: 1,488 kali

ragunan-1Rutinitas keseharian di Jakarta sering membuat orang stress. Beban kerja yang tinggi, lingkungan yang padat, juga jalan yang macet. Liburan di akhir pekan menjadi salah satu pilihan untuk mengendurkan saraf yang tegang. Mengajak keluarga juga akan merekatkan hubungan yang mungkin selama semingggu agak kurang.

Salah satu tempat yang cocok menjadi wisata keluarga adalah Taman Margasatwa Ragunan (TMR) atau lebih dikenal dengan Kebun Binatang Ragunan. Apa yang menarik ditempat ini?

TMR dibangun menurut rancangan konsep kebun binatang terbuka. Lingkungannya didominasi pohon yang rimbun. Suasana jalan-jalannya mirip dengan kebun Raya Bogor.

Koleksi satwanya lebih dari 3000 ekor, terdiri dari 270 jenis, dimana 90% nya adalah satwa asli Indonesia. Setiap satwa diperagakan dalam kandang menurut habitat aslinya. Sehingga pengunjung bisa begitu dekat dengan satwa.

pelikan-2Jalan-jalan yang rindang, kandang-kandang yang untuk mencapainya kita harus lewat rerimbunan, bernuansa hutan. Tersedia juga sepeda untuk satu orang dan tandem. Pilihan bagi yang inginsekalian berolah raga sepeda. Nuansa yang hijau, jauh dari keramaian jalan besar menjadi tempat yang nyaman untuk wisata keluarga.

Keindahan panorama dan kerimbunan pepohonan. Tempat yang paling banyak disukai pengunjung untuk berekreasi. Lebih dari 50.000 pohon bertebaran di taman ini yang memberikan kesejukan dan kenyamanan baik untuk satwa maupun pengunjung.

Fasilitas dan Sarana Hiburan

Taman Satwa Anak
Taman Satwa Anak merupakan kebun binatang mini untuk belajar mengenal hewan. Berbagai jenis hewan diperagaan seperti kambing, domba, kelinci, marmut, ayam, ikan, burung kakatua, dan kura-kura. Fasilitas yang ada; Gedung pendidikan – tempat kegiatan belajar mengajar untuk anak TK dan SD; Piknik area – tempat beristirahat dan bersantai di bawah pohon sambil menikmati udara segar; Play ground – tempat bermain yang menyerupai habitat hewan atau tempat bermain yang bernuansa alam, seperti rumah pohon, lubang tikus, dan jaring laba-laba. Ada juga kereta mini yang pasti disukai anak-anak untuk berkeliling di sekitar taman.

Pusat Informasi
Gedung Pusat Informasi merupakan tempat pelayanan informasi. Fasilitas yang ada; ruang pertemuan; ruang pelayanan pengunjung; ruang promosi; ruang audio-visual; ruang pameran, dan ruang pelayanan panggilan serta ruang teater dimana pengunjung dapat menonton film satwa.

Taman Perahu
Taman perahu merupakan kolam besar, membentang dari utara ke selatan seluas 2000 m², terdapat beberapa pulau di tengahnya. Pulau tersebut menambah keindahan juga sebagai tempat peragaan satwa yang bersifat alami. Satwa yang diperagakan; siamang, lutung, dan beberapa jenis burung air, bangau, dan raja udang. Andapun dapat menikmati keindahan dengan perahu angsa mengitari pulau sambil menikmati pemandangan yang menyerupai hutan hujan tropis.

Pusat Primata Schmutzer
shmutzer-1Pusat Primata Schmutzer mempunyai peranan penting dalam konservasi primata Indonesia dan sekaligus sebagai Jendela Informasi Primata. Tempat ini merupakan tempat kami rekomendasikan untuk dikunjugi bila anda ke Ragunan. Kompleks seluas 13 ha, dirancang dengan konsep open zoo dimana satwa yang tinggal di dalamnya seolah-olah berada di habitat aslinya.

Di dalamnya ada berbagai koleksi primata, yang menjadi andalan adalah gorila. Ada fasilitas untuk melihat kehidupan orang utan di alamnya, berupa gua yang ada kacanya. Jadi kita bisa melihat orang utan tanpa mereka tahu. Kemudian juga ada rumah pohon untuk melihat orang utan dari ketingggian.

Untuk memasuki tempat ini kita di larang membawa makanan dan minuman. Peraturan ini dibuat untuk menghindari pengjunjung memberi makanan kepada hewan piaraan. Mungkin dikhawatirkan kalau tertular penyakit dari luar atau menjadi tergantung makanan yang tidak tepat.

Untuk minuman jangan khawatir. Di dalam banyak fasilitas keran air siap minum, tersebar di semua lokasi Pusat Primata Schmutzer.

Fasilitas yang ada meliputi:dapur satwa, karantina, laboratorium, play ground, terowongan orangutan (orangutan tunnel), jembatan pohon (canopy bridge) dan pusat pendidikan satwa – tempat kegiatan belajar-mengajar dan informasi primata.

Rakit Wisata
danau-1
Rakit Wisata Ragunan merupakan wahana baru berupa perahu rakit berbentuk empat persegi panjang berukuran sekitar 2×4 m. Rakit ini menyerupai kayu-kayu gelondongan yang terbuat dari fiberglass. Modelnya seberti perahu pada jaman batu dalam film Flinstone. Di atasnya terdapat bangku panjang berjejer untuk para penumpangnya dan diberi atap di atasnya agar penumpang lebih nyaman. Daya tampung rakit ini bisa mencapai 25 orang dan dijalankan dengan tenaga mesin.

Alamat Taman Margasatwa Ragunan:
Jl. R.M. Harsono No. 1 Ragunan Jakarta 12550
Jakarta Selatan
Phone: (062 21) 7820015, 789015, 7806975
Fax. (062 21) 7805280


Depan | RSS 2.0 | Kategori: Wisata Jakarta | Trackback | 6 Comments


Komentar

6 Responses to “Wisata Jakarta, Taman Margasatwa Ragunan”

Isi Komentar

 

Iklan Baris

Cairan Kimia Pembersih

menyediakan cairan kimia pembersih untuk Laundry, Rumah Makan, Hotel, dan Perkantoran. Juga….

www.holytech.co.id

Travel ke bandara

Citayam Ekspress. Satu-satunya Angkutan ke Bandara yang Profesional. Contact: Andi Mulya, M.Si….

http://citayam-ekspress.blinkweb.com/

Butuh dana cepat

Dana tunai. Proses cepat dan mudah. Bunga terendah 0,1%. web: danatunaiku.com

www.danatunaiku.com

Jasa Pembuatan Website

Melayani pembuatan website untuk sekolah, Organiasi, perusahaan, dengan CMS atau PHP. Kunjungi:….

www.paradesain.net
Mau pasang iklan baris di sini?
Hanya Rp50.000 selama 1 bulan
Kontak: marketing@lintasjakarta.com
atau melalui form ini
  • Facebook

© Copyleft 2010-2012 by LintasJakarta.com
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: redaksi@lintasjakarta.com
Beranda | Tentang Kami | Info Iklan | Kontak Kami | Info Liputan | Sitemap | RSS
LintasJakarta.com - berita dan informasi jakarta
Powered by Wordpress--Developed by: paradesain.net