Profil SMA Negeri 74 Jakarta

Ditulis: 27 - Apr - 2009
Oleh: admin
Kategori: Profil SMA
Dilihat: 1,532 kali

Profil:
Nama Sekolah: SMA Negeri 74 Jakarta
Alamat: jalan Dharma Putra XI, komplek Kostrad, Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jaksel

Sejarah

SMA 74 adalah SMA Negeri yang termasuk dalam Rayon 08 Jakarta Selatan. SMA Negeri 74 ini berada di lokasi jalan Dharma Putra XI komplek Kostrad Tanah Kusir Kebayoran Lama Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama. Mengingat lokasi SMA 74 berada di Komplek Kostrad, maka secara teknis berada pada lingkungan yang tenang dan aman untuk proses belajar dan mengajar.

SMA 74 berdiri pada tahun 1983 sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud No. 0473/O/1983 Tanggal 9 Nopember 1983. Pendirian SMA 74 diawali ketika Kakanwil DKI Jakarta tahun pelajaran 1984 membuka beberapa sekolah baru (SMA) di beberapa lokasi di DKI Jakarta, termasuk SMA baru yang didirikan di komplek Kostrad Tanah Kusir. Setelah belajar beberapa bulan barulah SMA baru Tanah kusir ini memperoleh nomor urut sekolah Negeri.yaitu SMA Negeri 74 Jakarta dengan Kepala Sekolah Ny. YUB Hadi Soetjipto.

Berkat kegigihan Kepala Sekolah, dengan bermodal kelas kosong dan 4 (empat) rombongan belajar kelas I, dimulailah proses belajar mengajar. Gedung kosong tanpa meja kursi dan prasarana akhirnya dapat terisi berkat swadaya orang tua siswa dan sumbangan dari SMA 70. Adapun guru-gurunya berdatangan dari beberapa SMA di DKI, seperti SMA 3, 70, 29, 51, 23, SMP 13 dan Ibu Hadi Soetjipto sendiri dari SMA 8 KJ, dan karyawannya belum ada yang pegawai Negeri.

Kepala Sekolah yang purna tugas dan masih afktif di SMA 74 adalah sebagai berikut:
1. Ny. YUB. Hadi Soetjipto 1983 – 1991
2. Drs H. Arifin Rusmana 1991 – 1994
3. Ny. Sri Hartini 1994 – 1997
4. H. Syamsudin HS 1997 – 2002
5. Dra. Hj. Ida Hasidah, MSc. MM. 2002 – 2005
6. Drs. Abdul Jalali, M.Pd. sampai sekarang

SMA Negeri 74 berdiri diatas tanah seluas 6675M2. Diatas tanah ini berdiri gedung yang terdiri dari tiga blok dengan luas lantai seluruhnya berjumlah 2050 M2. Satu di antaranya terdiri dari dua lantai, sedangkan yang lainnya berlantai satu. Bangunan SMA Negeri 74 yang berlantai satu ini merupakan bangunan lama yang dibangun pada tahun 1983, diharapkan tahun 2002/2003 ini direhab total sebagaimana janji pemerintah sehingga lebih berfungsi.

Bangunan-bangunan SMA Negeri 74 selain berbentuk kelas untuk kegiatan belajar mengajar, beberapa bangunan SMA Negeri 74 difungsikan untuk sarana lain seperti untuk Laboratorium Bahasa, Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, Laboratorium Multimedia, Koperasi, Perpustakaan, Sanggar Seni dan kantin.

Di atas tanah yang luas ini, selain bangunan gedung, terbentang pula lapangan yang terdapat pada tiga lokasi yang berfungsi sebagai lapangan olah raga (Basket/Volley), Lapangan Upacara dan lapangan untuk parkir kendaraan. Keseluruhan tanah dan bangunan sekolah dikelilingi pagar (tembok dan kawat harmonika) dan taman dengan penghijauan secara keseluruhan sudah memadai.

Fasilitas:

1. Memiliki gedung belajar mengajar yang representatif.
2. Memiliki 1 (satu) Laboratorium Multimedia Pentium 4 = 40 unit
3. Memiliki 1 (satu) Laboratorium Komputer Pentium 4 = 24 unit dan Core2Duo = 16 unit
4. Memiliki masing-masing 1 (satu) Laboratorium Bahasa, Biologi, Fisika dan Kimia
5. Mulai bulan Januari 2009 SMA Negeri 74 menyediakan “Internet Hotspot Area”
6. Seluruh kelas 10 telah terpasang LCD Projector dan seperangkat komputer disetiap kelas
7. Seluruh kelas 12 telah terpasang LCD Projector
8. Memiliki 2 (dua) lapangan olah raga
9. Perpustakaan menyediakan berbagai macam buku untuk mendukung proses belajar-mengajar
10. Masjid yang cukup luas

Prestasi:

NO KEJUARAAN JUARA TINGKAT TAHUN
1 Juara Bola Basket di UIN 1 Jabotabek 2006
2 Kompetisi Karisma Cup 3 Keluarga Islam Masjid At Taqwa 1 Jabotabek 2006
3 English new reporting competition the 5th annual ninety scienceday dki jkt di SMA 90 2 Jabotabek 2006
4 Indonesian debate competition the 5th annual ninety scienceday dki jkt di SMA 90 3 Jabotabek 2006
5 Lomba Pidato hut skir ke 24 di SMA 70 1 Jabotabek 2006
6 Story Telling hut skir ke 24 di SMA70 2 Jabotabek 2006
7 English speeck competition the 5th annual ninety scienceday dki jkt di SMA 90 2 Jabotabek 2006
8 Lomba Futsal Perwosicup Harapan 2 Jabotabek 2006
9 Kompetisi Karisma Cup 3 Keluarga Islam Masjid At Taqwa Bergilir Jabotabek 2006
10 Sertifikat dari fak keagamaan dan lmu pend muh prof hamka 2 Jabotabek 2006
11 Juara Volley Ball Putri Porseni di Kodya Jaksel 1 Jabotabek 2006
12 Lomba Futsal Putri di SMA Cendrawasih 2 Jabotabek 2006
13 Juara Volley Ball Putri Porseni di Gelanggang Remaja 2 Jabotabek 2006
14 Lomba Grafiti wall 2 Jabotabek 2006
15 Lomba Taekwondo di Budi Luhur 2 Jabotabek 2006
16 Juara Volley Ball Putri di SMA 70 1 Jabotabek 2006
17 Lomba Abang None di TMII 3 Jabotabek 2006
18 Pengarang Cerita Betawi di Perpustakaan DKI Jakarta 2 Jabotabek 2006
19 Pengarang Cerita Betawi di Perpustakaan DKI Jakarta Harapan 2 Jabotabek 2006
20 Juara Pencak Silat 3 Jabotabek 2006
21 Juara Festifal Band "Eyes" 1 Jabotabek 2006
22 Juara Festifal Band "Eyes" 2 Jabotabek 2006
23 Juara Festifal Band "Eyes" 3 Jabotabek 2006
24 Bola Volly Putri Juara II di SMA 70 2 Jabotabek 2007
25 Bola Volly Putri Juara I di SMA Tar-Q 1 Jabotabek 2007
26 Juara I Futsal Competition IBS 1 Jabotabek 2007
27 Futsal Putra di Kecamatan Bintaro 1 Jabotabek 2006
28 Juara III Futsal Putra Piastro 2007 di Fak Psikologi UI 3 Jabotabek 2007
29 Harapan I Lomba PBB Pasukan 21 di Competition of Paskibra 153 Tk. SMA Harapan 1 Jabotabek 2007
30 Bola Volly Putri di UNAS 1 Jabotabek 2007
31 Bola Volly Putri di UNAS Bergilir Jabotabek 2007
32 Juara Paduan Suara di UIN 3 Jabotabek 2007
33 Juara Abang None di TIM 2 DKI Jakarta 2007
34 Juara Melukis di Pulau Seribu 2 DKI Jakarta 2007
35 Juara Melukis di Pulau Seribu 2 DKI Jakarta 2007
36 Bola Volly Putra Juara I di Bulungan 1 Jabotabek 2007
37 Bola Volly Putri Juara I di Bulungan 1 Jabotabek 2007
38 Menulis Buku di Perpustakaan Jakarta Selatan Harapan 1 DKI Jakarta 2007
39 Make UP Terbaik Festifal Teater di Teater IKJ 3 Jabotabek 2007
40 Bola Volly Putri di Gor Cilandak 3 Jabotabek 2007
41 Bola Volly Putra di Gor Cilandak Harapan 1 Jabotabek 2007
42 Bola Basket di Gor Cilandak 3 Jabotabek 2007
43 Bola Volly Putri di Gelora Bung Karno 2 Jawa-Bali 2007
44 Bola Volly Putri The Best Tosser oleh Akmarina   Jawa-Bali 2007
45 Bola Volly Putri di Atmajaya Jakarta 3 Jabotabek 2008
46 Futsal Putra di SMA Bakti Mulya 400 3 Jabotabek 2008
47 Lomba KIR di Sma 78 2 Jabotabek 2008
48 Lomba KIR Desain Kaos di SMA 78 2 Jabotabek 2008
49 Futsal Putra di Kompleks Kostrad 2 Jabotabek 2008
50 Lomba Kaligrafi Ajang Kreatifitas Muslimah di SMA 47 3 Jabotabek 2008
51 Lomba Mading Ajang Kreatifitas Muslimah di SMA 47 1 Jabotabek 2008
52 Lomba Ilmiah Remaja IPA di Gelanggang Remaja Kodya Jaksel 2 Jaksel 2008
53 Lomba Ilmiah Remaja IPS di Gelanggang Remaja Kodya Jaksel Harapan 1 Jaksel 2008
54 Futsal Putra 1 Jabotabek 2008
55 Futsal Putra 4 Jabotabek 2008
56 Bola Volly Putri di Tanah Kusir 2 Jabotabek 2008
57 Bola Volly Putri Porseni di GOR Cilandak 2 Jaksel 2008
58 Bola Volly Putra Porseni di GOR Cilandak 3 Jaksel 2008
59 Bola Volly Porwil Putri di GOR Ragunan 1 DKI Jakarta 2008
60 Bola Volly Porwil Putra di GOR Ragunan 3 DKI Jakarta 2008
61 Futsal Putra 3 Jabotabek 2008
62 Taekwondo (Medali Perak) di Mustopo 2 Jabotabek 2008
63 Taekwondo (Medali Perak) di Mustopo 2 Jabotabek 2008
64 KIR (flash 8) di Universitas Sultan Agung Semarang Harapan 2 Nasional 2008
65 Futsal Putri di SMA Gonzaga 2 Jabotabek 2008
66 Futsal Putra di Fak Psikologi UI 3 Jabotabek 2008
67 Futsal Putri di Fak Psikologi UI 3 Jabotabek 2008
68 Futsal Putri di SMA Katholik Ricci II 1 Jabotabek 2008
69 Speeling Bee di UNAS 1 Jabotabek 2008
70 Speeling Bee di UNAS 2 Jabotabek 2008
71 Quizz di UNAS 1 Jabotabek 2008
72 Volly Ball Competition Putra di Universitas Mercu Buana 2 Jabotabek 2008
73 Volly Ball Competition Putri di Universitas Mercu Buana 2 Jabotabek 2008
74 Bola Voly Putra di Senayan 1 Jawa-Bali 2008
75 Bola Voly Putri di Senayan 1 Jawa-Bali 2008

 sumber: website SMA 74 Jakarta


Kirimkan profil sekolah anda ke: redaksi@lintasjakarta.com. Atau posting sendiri dengan menjadi member lintasjakarta.com. Atau bagi sekolah yang ingin diliput, silakan menghubungi kami di: redaksi@lintasjakarta.com

Depan | RSS 2.0 | Kategori: Profil SMA | Trackback | 20 Comments


Komentar

20 Responses to “Profil SMA Negeri 74 Jakarta”

  • assalamu’alaikum Wr. Wb

    kami selaku panitia Try Out Ujian Masuk Akademi Kimia Analisis Bogor ingin memberitahukan bahwa :
    akan diadakan TO UM AKA BOGOR
    pada tanggal : 27 juni 2009
    pendaftaran dibuka : 20 mei-25 juni 2009
    biaya: Rp30000,-
    fasilitas yang didapat :
    1. kumpulan soal-soal UM AKA BOGOR serta pembahasan
    2. snack dan lunch
    3. demo kimia dan hiburan
    4. pembahasan TO

    kami selaku panitia TO UM AKA BOGOR mengucapkan terima kasih atas partisipasinya
    wassalamu’alaikum Wr.Wb

  • raisya says:

    neM D SMAN 74 BrApH si??

  • gizaya laniary says:

    kalo mau msk sma 74 nem nya 29,05 kira kira diterima gk ??

  • M. Amirudin says:

    To: Student Affair Deputy to Head Master

    Dear Sir,

    Please be advised to provide us some information regarding to the followings:

    1)Is there any education exhibition? or

    2)Would it possible for us to do
    promotion to your students at any
    possible way suggested by you?

    At a glance, the programs that our institution – Iverson School of Business, can offer are:

    1)Certified Accounting Technician
    leading to BSc in Applied Accounting
    from Oxfordbrookes University – UK
    2)ACCA Professional leading to MBA in
    Applied Accounting from Oxfordbrookes
    University – UK
    3)Post Graduate Diploma in
    International Financial Reporting –
    ACCA

    Regards,

    M. Amirudin

    Senior Manager – Business Development & External Liaison

    Iverson School of Business
    9th Floor Chase Plaza, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta 12920 Indonesia

    T: +62 21 520 8210
    F: +62 21 520 8209
    M: +62 818 126191
    E: amirudin@iverson.co.id

  • lele says:

    lomba indomienya manaaa

  • yenny says:

    wah jadi pngin deh masuk sma nya karna bagus banget kuailitasnya…

  • Ayah says:

    nambah satu Thropy lagi :
    Juara 1 Harapan Lomba Program Kreativitas Siswa 2009, se Selatan 2009. (Tim KIR 74.
    rasanya masih banyak lagi yang belum di update.
    per 2010 udah punya bis Sekolah sendiri euy…..

  • Henny says:

    nama di SMA NEH brape yehhh??????????

  • Henny says:

    name di SMA NEH brape yehhh??????????

  • lina says:

    klo nem aqu 31 bsa msk taq?????

  • lina says:

    klo nem aqu 31 msk taq??????

  • novia dayana putri says:

    pendaftaran kapan qu mau msk nichhh !! nemna kira2x brp??

  • annisa sephia d says:

    aqu juga nichhh kapan yach pendaftarannyahh ? nem msk siniee brph? sumpah pengen bgt msk sinie!!1

  • Ika S says:

    MATA AIR
    (Lembaga Pelatihan&Pengembangan Remaja)

    Kami menawarkan program2 pelatihan dan pengembangan Remaja dengan harga yang sangat terjangkau.
    Bahkan, jika anda -remaja Indonesia- sangat berminat untuk mengikuti program kami tapi tidak memiliki biaya, kami akan memberikan kemudahan.
    Apakah anda berminat menjadi remaja yang kelak meraih kesuksesan? Apakah anda adalah remaja yang peduli dengan masa depan anda? Silakan hubungi kami di:
    ikasendangwangi@yahoo.co.id
    ** Anda dapat selalu contact dg para trainer kami setelah pelatihan untuk tanya jawab dan couching.
    ** Terlibatlah dalam proyek2 kami untuk remaja sbg bekal pengalaman anda!

    Program kami:
    1.How to be An Efective Person
    2.Plan Your Career
    3.Marketing Your Self
    4.Communication Skill
    5.Leadership
    6.Time Management & Goal Setting
    7.Presentation Skill
    dll.

  • Ika S says:

    MATA AIR

    Kami juga menyediakan pelatihan dan pengembangan bagi para mahasiswa dan freshgraduate.
    Seperti misalnya:
    1. Teknik membuat CV dan Menghadapi Interview
    2. Communication skill –> berisi bagaimana cara berkomukasi dengan rekan sekerja dan atasan
    (sama judulnya, tapi beda ‘content’ dengan pelatihan untuk remaja SMA
    3. To be a Star Perfomer –> berisi cara meraih sukses di dunia kerja.
    dll.

    Hubungi kami di:
    ikasendangwangi@yahoo.co.id

    Terimakasih

    Salam sayang & sukses untuk seluruh pemuda-pemudi Indonesia

  • I had been honored to get a call from a friend immediately he identified the important recommendations shared in your site. Going through your blog posting is a real amazing experience. Thanks again for considering readers just like me, and I wish you the best of success being a professional topic.

  • nazia says:

    saya snmptn di sman 74,mau tanya dong dari pasar minggu ke sman 74 naik angkot barapa ya?terima kasih

  • Dinda says:

    hhmm terendah nem di sma 74 berapa sihh??? nem aku 35 pas masuk nggak yaa disini??

  • GEOGRAFI UNY says:

    SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2011

    BENTUK KEGIATAN

    Semarak Geografi Tingkat Nasional merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi, Lomba Cerdas Cermat National Geography Competition, Presentasi Karya Tulis Ilmiah, Lomba Poster, dan Seminar Nasional Geografi. Semarak Geografi Tingkat Nasional ini dihadiri oleh kontingen dari sekolah-sekolah di Indonesia yang mana setiap sekolah mengirimkan delegasinya untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh panitia Semarak Geografi Tingkat Nasional. Penjelasan rangkaian kegiatan dalam Semarak Geografi Tingkat Nasional adalah sebagai berikut:

    A. National Geography Competition

    1. Babak Penyisihan (ujian tertulis)
    Ujian tulis berisikan 40 soal multi choice, 30 soal alternatif, 20 soal sebab-akibat, dan 10 soal isian dengan jumlah total soal 100 butir. Penjawaban soal ujian tulis ini dilaksanakan secara individu. Tujuannya adalah untuk menguji wawasan kegeografian sekaligus memacu kompetensi kognitif peserta.
    2. Babak Final (ujian praktikum)
    Sepuluh peserta dengan perolehan nilai tertinggi akan lolos ke babak final. Dalam babak ini peserta akan dihadapkan pada 10 jenis alat praktikum geografi. Masing-masing peserta diberikan waktu empat menit untuk mengerjakan satu soal praktikum (satu alat). Tahap ini merupakan ajang untuk melatih kompetensi afektif dan psikomotorik siswa dengan menilai ketepatan dan kecepatan dalam menggunakan alat praktikum.

    B. Lomba Karya Tulis Ilmiah

    Lomba karya tulis ilmiah adalah kompetisi dibidang penulisan karya ilmiah. Peserta lomba ini merupakan siswa SMA sederajat di seluruh Indonesia.
    Seluruh peserta mengirimkan karya tulisnya dengan tema
    “Peran Geografi dalam Upaya Penanggulangan Konflik Pluralisme di Indonesia”
    sebelum tanggal 25 September 2011 (cap pos).
    Karya tulis akan diseleksi dari segi administrasi, isi, dan kualitas karya tulis.
    Sepuluh peserta dengan skor tertinggi berhak untuk mempresentasikan karya tulis ilmiahnya pada tanggal 22 Oktober 2011.

    C. Lomba Poster

    Poster dibuat oleh peserta pada saat pelaksanaan Semarak Geografi Tingkat Nasional.
    Poster tersebut mengacu pada tema yang diberikan oleh panitia.
    Adapun tema untuk poster ini adalah
    “Peranan Kearifan Lokal sebagai Alternatif dalam Upaya Mitigasi Bencana”.
    Poster dinilai berdasarkan estetika dan kesesuaian dengan tema.

    D. Seminar Nasional Geografi

    Kegiatan Seminar ini ditujukan untuk para guru pembimbing pada khususnya dan mahasiswa serta masyarakat pada umumnya.
    Kegiatan ini dilaksanakan pada saat pelaksanaan Semarak Geografi.
    Adapun tema seminar, yaitu “Optimalisasi Aplikasi SIG dalam Pendidikan Menengah Atas”.

    please visit http://www.geografi-uny.co.cc

  • puisi says:

    my almamater. semoga maju terus

Isi Komentar

 

Iklan Baris

Cairan Kimia Pembersih

menyediakan cairan kimia pembersih untuk Laundry, Rumah Makan, Hotel, dan Perkantoran. Juga….

www.holytech.co.id

Travel ke bandara

Citayam Ekspress. Satu-satunya Angkutan ke Bandara yang Profesional. Contact: Andi Mulya, M.Si….

http://citayam-ekspress.blinkweb.com/

Butuh dana cepat

Dana tunai. Proses cepat dan mudah. Bunga terendah 0,1%. web: danatunaiku.com

www.danatunaiku.com

Jasa Pembuatan Website

Melayani pembuatan website untuk sekolah, Organiasi, perusahaan, dengan CMS atau PHP. Kunjungi:….

www.paradesain.net
Mau pasang iklan baris di sini?
Hanya Rp50.000 selama 1 bulan
Kontak: marketing@lintasjakarta.com
atau melalui form ini
  • Facebook

© Copyleft 2010-2012 by LintasJakarta.com
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: redaksi@lintasjakarta.com
Beranda | Tentang Kami | Info Iklan | Kontak Kami | Info Liputan | Sitemap | RSS
LintasJakarta.com - berita dan informasi jakarta
Powered by Wordpress--Developed by: paradesain.net