Cara membuat KTP Jakarta

Ditulis: 29 - Apr - 2009
Oleh: admin
Kategori: Informasi Jakarta
Dilihat: 3,025 kali

Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas kependudukan. Kartu ini wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia yang berusia di atas 17 tahun.

Anda yang tinggal di DKI Jakarta harus punya KTP Jakarta. Bagimana mengurus KTP Jakarta?

Lokasi Pelayanan : Kantor Kelurahan
Waktu Pelayanan : 1 hari (perpanjangan), max. 14 hari (baru, mutasi, hilang)

Tarif : Gratis
Keterlambatan terhadap perpanjangan dan penggantian dikenakan Sansi Administrasi berupa Denda sebesar Rp. 10.000

Kartu Tanda Penduduk adalah identitas resmi seseorang sebagai penduduk DKI Jakarta. Kartu ini wajib dimiliki oleh penduduk DKI Jakarta yang telah berusia 17 tahun dan atau telah menikah.

Pembuatan KTP dilakukan selambat-lambatnya 14 hari sejak :

* berusia 17 tahun
* Tanggal Pernikahan
* Menjadi Penduduk Jakarta

Penggantian KTP dilakukan selambat-lambatnya 14 hari sejak berakhir masa berlakunya KTP.

Persyaratan Pembuatan KTP Baru
Untuk memperoleh Kartu Tanda Penduduk (KTP) baru harus melengkapi syarat-syarat berikut :

* Surat Pengantar dari RT/RW
* Foto Copy Kartu Keluarga
* Pas Foto terbaru berukuran 2 x 3 cm sebanyak 3 lembar
* SKPPB bagi pendatang baru dari luar DKI Jakarta
* Foto copy Akta Kelahiran
* SKPPT bagi WNA
* Bukti Pembayaran Keterlambatan Pembuatan KTP

Persyaratan Perpanjangan KTP
Untuk memperpanjang Kartu Tanda Penduduk yang sudah habis masa berlakunya harus melengkapi syarat-syarat berikut :

* KTP lama yang sudah habis masa berlakunya
* Fotocopy Kartu Keluarga
* Pas foto 2 x 3 cm sebanyak 3 lembar
* Surat Keterangan lapor kehilangan KTP dari Kepolisian bagi yang kehilangan KTP
* Bukti Pembayaran Keterlambatan Perpanjangan KTP

Masa Berlaku KTP
KTP berlaku untuk jangka waktu 5 tahun, kecuali manula (berusia di atas 60 tahun), KTP berlaku seumur hidup. Berakhirnya masa berlaku KTP, sesuai dengan tanggal dan bulan kelahiran yang bersangkutan. KTP yang rusak, hilang atau berubah data, seperti perubahan alamat, kewarganegaraan, nama dan sebagainya harus diganti dengan KTP baru. Yang tidak wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk adalah anggota perwakilan negara asing, organisasi-organisasi internasional, corps diplomatik berserta anggota keluarganya dan penduduk sementara (pemegang KIM / KIM’S).
Prosedur Pelayanan
Tugas Kewajiban Penduduk : Datang ke kantor Kelurahan dengan membawa :

* KTP lama
* Foto copy Kartu Keluarga dan aslinya
* Pas foto 2 lembar ukuran 2 x 3 cm
* Surat Pengantar dari RT / RW
* Surat Kuasa bagi penduduk yang tidak bisa mengambil sendiri dengan diketahui RT / RW

Tugas dan kewajiban Kepala Kelurahan : Bila data penduduk sudah benar :

* Menerima dan meneliti seluruh berkas persyaratan
* Mencocokkan KTP lama warga dengan KTP baru
* Menandatangani KTP dan menerima retribusinya
* Menyelesaikan proses administrasi lainnya lebih lanjut

Namun apabila datanya salah, KTP yang mengalami perubahan data agar dibuatkan Surat Mutasi Rubah.
Terakhir Diperbaharui

Sumber: Dinas Kepdudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta


Depan | RSS 2.0 | Kategori: Informasi Jakarta | Trackback | 60 Comments


Komentar

60 Responses to “Cara membuat KTP Jakarta”

  • jrebourne says:

    gw senang tinggal di indonesia tapi gw gak senang peraturan diindonesia..tidak berpihak kepada rakyat.pantesan aja negara kita salah satu negara paling ribet seluruh dunia dalam pengurusan apa aja.harus suap sana sini.orang barat aja udah nyampe bulan kita masih aja diketek langit….dari lembaga apa aja sama semua.

  • Muchlis says:

    pa,sya mau nanya emang klo mau bkin KTP baru hrus ada surat pndahnya???

    soalnya saya bru pndah rumah.

  • SUHAYYATMAN says:

    UNTUK MRNGURANGI BEBN YARAKAT,DALAM PMBUATA KTP,KALO BISA SAMPAI DI DESA SAJA DI URUS ,BGI DESA YANG MEMPUNYAI AKSES INTERNET

  • Leonardo says:

    apakah ktp ada yang buat di daerah

  • ibnu says:

    hal seperti itu saya juga alami, oleh nya itu apa? pengurusan KTP harus nunggu satu bulan, yang ditandatangan haru di kantor capil. Apa, ada undang-undang/peraturan daerah.

  • uud says:

    saya mau tanya.. bagai mana dan langkah apa saja untuk membuat KTP baru setelah kehilangan KTP

  • Novi says:

    Saat ini saya berada di luar kota dan KTP saya sdh habis masa berlakunya, saya kembali ke Jakarta Januari 2012 ini sdh sangat terlambat, yang ingin saya tanyakan berapa besar denda yang di kenakan nanti? atau tetap sama Rp.10.000,- bila saya tdk tahu pegawai kelurahan selalu berusaha melakukan korupsi dan saya benci ini. Terimakasih.

  • subhan says:

    Selamat siang..saya dari bulan oktober sudah mengajukan ktp baru karena saya ditempatkan bekerja di jakarta di salah satu instansi pemerintah.namun seperti yang ditulis teman teman diatas,diminta nunggu 180 hari.kalau mau cepet bisa juga tapi bayar.kalau boleh,saya juga mau perda yang menyebutkan hal tersebut.kalau tertib administrasi lama,kenapa yang ga tertib (bayar 300ribu atau lebih) bisa 1 minggu?mohon bisa di share perda mengenai pengajuan ktp baru tersebut.terima kasih..

  • Lumba says:

    Baca pengalaman teman2 jadi bikin khawatir juga, karena saya dalam rencana akan membuat KK+KTP baru dengan alasan pindah antar propinsi.

    Secara umum persyaratan surat2 yang harus dilengkapi untuk masing2 pengurusan bisa dibaca di http://www.kependudukancapil.go.id

    Sedangkan masalah rentang waktu 180 hari untuk bisa mendapat KTP bagi pendatang, memang pernah dijelaskan di suara warga http://www.kependudukancapil.go.id/index.php/suara-warga?func=view&catid=2&id=2435
    dan saya menemukan penjelasan Perda tsb http://www.beritajakarta.com/Download/SK/Zip/Perda4thn2004.pdf

    Sedangkan untuk masalah retribusi, ada di Perda DKI no.6 th 2006 http://www.bphn.go.id/data/documents/06pddik001.pdf

    Semoga info ini setidaknya bisa membantu teman2 yang ‘penasaran’ atau yang mau ‘mengkomplain’ para oknum tsb :)
    Wassalam

  • ayu says:

    pak, saya ingin memperpanjang ktp yang masih berlaku (sampai tanggal 16 mei nanti). berkas apa saja yang perlu saya bawa? apakah perlu KK asli atau cukup fotokopi nya saja? karena kebetulan KK saya hilang, dan sudah mengurus surat kehilangan.

Page 3 of 3«123

Isi Komentar

 

Iklan Baris

Cairan Kimia Pembersih

menyediakan cairan kimia pembersih untuk Laundry, Rumah Makan, Hotel, dan Perkantoran. Juga….

www.holytech.co.id

Travel ke bandara

Citayam Ekspress. Satu-satunya Angkutan ke Bandara yang Profesional. Contact: Andi Mulya, M.Si….

http://citayam-ekspress.blinkweb.com/

Butuh dana cepat

Dana tunai. Proses cepat dan mudah. Bunga terendah 0,1%. web: danatunaiku.com

www.danatunaiku.com

Jasa Pembuatan Website

Melayani pembuatan website untuk sekolah, Organiasi, perusahaan, dengan CMS atau PHP. Kunjungi:….

www.paradesain.net
Mau pasang iklan baris di sini?
Hanya Rp50.000 selama 1 bulan
Kontak: marketing@lintasjakarta.com
atau melalui form ini
  • Facebook

© Copyleft 2010-2012 by LintasJakarta.com
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: redaksi@lintasjakarta.com
Beranda | Tentang Kami | Info Iklan | Kontak Kami | Info Liputan | Sitemap | RSS
LintasJakarta.com - berita dan informasi jakarta
Powered by Wordpress--Developed by: paradesain.net