Profil SMA Negeri 37 Jakarta

Ditulis: 13 - May - 2009
Oleh: admin
Kategori: Profil SMA
Dilihat: 2,499 kali

NAMA SEKOLAH :SMA Negeri 37 Jakarta
ALAMAT SEKOLAH :
Jl. H. No. 40 RT.006 / RW.006
Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan
Kode Pos 12830
Telp:(021) 8296058
fax:(021) 8301916
Web:www.sman37.com

KEPALA SEKOLAH :D ra. Hj. Nilwathny Saleh, MM
STATUS SEKOLAH :Negeri
STANDAR SEKOLAH :Akreditasi A
Tanggal 15 Desember 2005
KEADAAN GEDUNG :P ERMANEN
TAHUN DIDIRIKAN :15 Januari 1975

Sejarah berdirinya SMAN 37 Jakarta

Bermula dari keputusan yang menetapkan bahwa rayonisasi dalam Penerimaan Murid Baru (PMB) tahun 1975, SMA Negeri 8 Jakarta yang beralamat di jalan Bukit Duri Kecamatan Tebet Kotamadya Jakarta Selatan tidak boleh menerima lulusan dari SMP Negeri 73 yang beralamat di jalan Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Kotamadya Jakarta Selatan. Dengan keputusan ini membuat masyarakat Tebet dan sekitarnya kebingungan untuk mencari sekolah dan berusaha mencari jalan keluar untuk menembus kesulitan itu. Pengurus BP.3 SMP Negeri 73 Jakarta mencoba mengatasi masalah ini dan mendapat dukungan dari Camat Tebet, Lurah Tebet Timur, Lurah Kebon Baru serta PGRI Anak Cabang Tebet.

Maka diadakanlah pertemuan unsur-unsur tersebut di atas dengan Kepala SMA Negeri 8 Jakarta di Bukit Duri Jakarta Selatan, dari hasil musyawarah tersebut selanjutnya Kepala SMA Negeri 8 Jakarta berkonsultasi dengan pihak Kantor Wilayah Depdikbud DKI Jakarta. Setelah mendapat persetujuan dari Kepala Kantor Wilayah Depdikbud DKI Jakarta, akhirnya Kepala SMA Negeri 8 Jakarta menyetujui untuk membuka Filial di Kebon Baru dengan syarat asal benar-benar mendapat dukungan dari masyarakat.

Maka pada tanggal 22 Desember 1974 terbentuklah Panitia Persiapan dan Pembukaan SMA Negeri 8 Filial Jakarta di daerah Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan dengan alamat sekretariat di Jalan Tebet Timur I No. 1 Jakarta Selatan.

Adapun susunan Panitia Persiapan dan Pembentukan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pelindung: Walikota Jakarta Selatan
2. Penasehat: Camat Tebet
3. Ketua I: Sudibyo Sastro Wardoyo
4. Ketua II: Drs. Soeroso
5. Ketua III: H. A. Burhani Tjokrohandoko
6. Sekretaris I: Drs. H. Nurdin Amir
7. Sekretaris II: Hazali Minhad
8. Anggota
- Hasan Sanusi
- H. Zainuddin Shamady
- Edi Langkun (Lurah Tebet Timur)
- Djamin
- Rianto

Selanjutnya Panitia Persiapan dan Pembukaan SMA Negeri 8 Filial ini menghadap Bapak Gubernur DKI Jaya agar gedung sekolah dasar yang sudah siap di Kebon Baru dapat dipergunakan untuk SMA Negeri 8 Filial Jakarta. Dengan suratnya Nomor 40 / 7 / 1975, tanggal 1 Januari 1975 dinyatakan bahwa SMA Negeri 8 Filial diizinkan untuk mempergunakan gedung sekolah dasar tersebut.

Setelah Panitia ini bekerja selama 21 hari, maka pada tanggal 15 Januari 1975 diresmikan pembukaan SMA Negeri 8 Filial Jakarta. Pada tanggal 21 Mei 1975 Panitia ini membubarkan diri untuk mendirikan sebuah yayasan dalam rangka mengembangkan SMA Negeri 8 Filial Jakarta. Setelah diadakan beberapa kali pertemuan, maka dibentuklah yayasan tersebut pada tanggal 4 Juni 1975 dengan nama “ YAPPELDA “ (Yayasan Penyantun Kompleks Pendidikan Lapangan Honda).

Dengan Akte Notaris Mohammad Said Tajudin No. 17, Tokoh Pendiri Yayasan ini adalah sebagai berikut :

1.Bapak H. A. Burhani Tjokrohandoko
2.Bapak Drs. Soeroso
3.Bapak Sudibyo Sastro Wardoyo
4.Bapak Drs. Nurdin Amir
5.Bapak H. Zainuddin Shamady

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tanggal 13 September 1978 Nomor : 6298 / 0 /1978, maka SMA Negeri 8 Filial ditunggalkan/berdiri sendiri menjadi SMA Negeri 37 Jakarta. Dengan memperoleh nomor sendiri, maka SMA Negeri 37 Jakarta dapat lebih luas lagi mengembangkan dirinya di bidang pendidikan dan telah memiliki gedung sendiri yang terletak di jalan H. Rt 06 / 07 Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Kotamadya Jakarta Selatan Kode Pos 12830 dengan Sertifikat Hak Pakai nomor P.295/84 tanggal 4 September 1984 dengan luas tanah 3.416 M2.

Selama kurun waktu + 33 tahun SMA Negeri 37 Jakarta telah dipimpin oleh :

Kepala sekolah :

1.Drs. H. Nurdin Amir, tahun 1975 – 1983
2.Mochamad Idris Djajaatmadja, tahun 1983 – 1989
3.Drs. H. Mulia Tarigan, tahun 1989 – 1993
4.Drs. H. Mohammad Zaid, tahun 1993 – 1997
5.Drs. H. Emon Rukmantara, tahun 1997 – 1999
6.Dra. Hj. Ramna Chaniago, MM., tahun 1999 – 2004
7.Drs. Martumbur Hasugian, MM., tahun 2004 – 2008
8.Dra. Hj. Nilwathny Saleh, MM.,tahun 2008 – sekarang

sumber: website SMAN 37 jakarta


Kirimkan profil sekolah anda ke: redaksi@lintasjakarta.com. Atau posting sendiri dengan menjadi member lintasjakarta.com. Atau bagi sekolah yang ingin diliput, silakan menghubungi kami di: redaksi@lintasjakarta.com

Depan | RSS 2.0 | Kategori: Profil SMA | Trackback | 22 Comments


Komentar

22 Responses to “Profil SMA Negeri 37 Jakarta”

  • p0l_74k says:

    aduh! tuh kepsek,kaya kucing gorong,mata diutan sekarang kayanya tambah brantakan status 37 skarang,ga punya rasa kearifan antar sesama dan murid,biaya renovasi bangunan sana sini pake duit sekolah apaa ….?? sisanya dikantongin sendiri deh!!!Ehhh ..Ehh

  • Achmad Ikbaludin says:

    Saya selaku alumni SMAN 37 tahun 1985 merasa bangga sekolah di SMAN 37, dan alhamdulillah saya sekarang sukses dan telah bekerja di PT Perusahaan Gas Negara (Persero)Tbk sampai sekarang, mari kita dukung terus seluruh program yang telah dicanangkan sekolah dan beri saran untuk perbaikan yang konstruktif.

  • RohituL says:

    saya juga bangga sebagai alumnus SMAN 37 tahun 1984, dan alhamdulillah saya sekarang sukses dan bekerja sebagai guru di sma ternama di jakarta.

  • saya bangga dengan SMA 37 saya bertemu dengan jodoh saya disitu sekarang saya sudah bekerja di salah satu perusahaan kontraktor ternama di INDONESIA, suami saya sekarang bekerja di luar negeri.

  • just observer says:

    kondisi masa lalu terkadang bisa berbeda hingga 180 derajat dengan sekarang; perlu dicermati bagi para alumni yg masih peduli untuk hati2 melihat kepemimpinan yg sdg berjalan saat ini, kebanggaan masa lalu mungkin kurang tepat konteksnya utk masa kini, karena di bbrp sekolah negeri/swasta pun ada sejumlah penurunan kualitas akibat kurangnya pengawasan terhadap kepemimpinan sekolah tsb.

  • xxxx says:

    Keadaan 37 sekarang mulai meningkat bila dibandingkan dg 2 tahun yang lalu, NEM yg saat ini lebih tinggi, tapi nilai KKM-lah yg sebenarnya membuat 37 mengalami (bisa dibilang) keterpurukan ini, kita kalah jauh dibandingkan sekolah lain. Misal, SMA 26

  • Ika S says:

    MATA AIR
    (Lembaga Pelatihan&Pengembangan Remaja)

    Kami menawarkan program2 pelatihan dan pengembangan Remaja dengan harga yang sangat terjangkau.
    Bahkan, jika anda -remaja Indonesia- sangat berminat untuk mengikuti program kami tapi tidak memiliki biaya, kami akan memberikan kemudahan.
    Apakah anda berminat menjadi remaja yang kelak meraih kesuksesan? Apakah anda adalah remaja yang peduli dengan masa depan anda? Silakan hubungi kami di:
    ikasendangwangi@yahoo.co.id
    ** Anda dapat selalu contact dg para trainer kami setelah pelatihan untuk tanya jawab dan couching.
    ** Terlibatlah dalam proyek2 kami untuk remaja sbg bekal pengalaman anda!

    Program kami:
    1. How to be An Effective Person
    2. Plan Your Career
    3. Marketing Your Self
    4. Communication Skill
    5. Leadership
    6. Time Management & Goal Setting
    7. Presentation Skill
    dll.

  • Ika S says:

    MATA AIR

    Kami juga menyediakan pelatihan dan pengembangan bagi para mahasiswa dan freshgraduate.
    Seperti misalnya:
    1. Teknik membuat CV dan Menghadapi Interview
    2. Communication skill –> berisi bagaimana cara berkomukasi dengan rekan sekerja dan atasan
    (sama judulnya, tapi beda ‘content’ dengan pelatihan untuk remaja SMA
    3. To be a Star Perfomer –> berisi cara meraih sukses di dunia kerja.
    dll.

    Hubungi kami di:
    ikasendangwangi@yahoo.co.id

    Terimakasih

    Salam sayang & sukses untuk seluruh pemuda-pemudi Indonesia

  • 3188669 says:

    3188669 beers on the wall.

  • Bobby Mita says:

    Neat, it has been bothering me that I couldn’t get this to work. Thanks again!

  • I found out your website page from google and it truly is pretty informative. Hey Thank you for writing this kind of an informative blog post.

  • Atypical this post is totaly unrelated to what I used to be looking out google for, but it surely was once indexed at the first page. I guess your doing one thing right if Google likes you adequate to put you at the first web page of a non comparable search.

  • ablution says:

    This is i’m in search of. Here is what I refer to as value. The details provided here should be to the most. I would like say you will require invested some time in showing every one of these satisfied jointly. They are match with your theme. I will advocate this specific to the world and all my acquaintances. I will go back here to try out how much deliver the results. Appreciate making these take place.

  • I am not rattling great with English but I find this very easygoing to translate.

  • NH Diabetes says:

    At Southern New Hampshire Medical Center we are proud to partner with the Joslin Diabetes Center in Boston – internationally recognized as a leader in diabetes treatment, clinical research, and patient and professional diabetes education since 1898. The Joslin Diabetes Center is associated with Harvard Medical School.

  • Can I simply say what a relief to search out somebody who actually is aware of what theyre speaking about on the internet.

  • Hi, I just found your web site via Bing. Your article is truly applicable to my life currently, and I’m really pleased I discovered your website.

  • The awesome fresh content keep me coming here several times over. Thanks a lot.

  • GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA says:

    SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2011

    BENTUK KEGIATAN

    Semarak Geografi Tingkat Nasional merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi, Lomba Cerdas Cermat National Geography Competition, Presentasi Karya Tulis Ilmiah, Lomba Poster, dan Seminar Nasional Geografi. Semarak Geografi Tingkat Nasional ini dihadiri oleh kontingen dari sekolah-sekolah di Indonesia yang mana setiap sekolah mengirimkan delegasinya untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh panitia Semarak Geografi Tingkat Nasional. Penjelasan rangkaian kegiatan dalam Semarak Geografi Tingkat Nasional adalah sebagai berikut:

    A. National Geography Competition

    1. Babak Penyisihan (ujian tertulis)
    Ujian tulis berisikan 40 soal multi choice, 30 soal alternatif, 20 soal sebab-akibat, dan 10 soal isian dengan jumlah total soal 100 butir. Penjawaban soal ujian tulis ini dilaksanakan secara individu. Tujuannya adalah untuk menguji wawasan kegeografian sekaligus memacu kompetensi kognitif peserta.
    2. Babak Final (ujian praktikum)
    Sepuluh peserta dengan perolehan nilai tertinggi akan lolos ke babak final. Dalam babak ini peserta akan dihadapkan pada 10 jenis alat praktikum geografi. Masing-masing peserta diberikan waktu empat menit untuk mengerjakan satu soal praktikum (satu alat). Tahap ini merupakan ajang untuk melatih kompetensi afektif dan psikomotorik siswa dengan menilai ketepatan dan kecepatan dalam menggunakan alat praktikum.

    B. Lomba Karya Tulis Ilmiah

    Lomba karya tulis ilmiah adalah kompetisi dibidang penulisan karya ilmiah. Peserta lomba ini merupakan siswa SMA sederajat di seluruh Indonesia.
    Seluruh peserta mengirimkan karya tulisnya dengan tema
    “Peran Geografi dalam Upaya Penanggulangan Konflik Pluralisme di Indonesia”
    sebelum tanggal 25 September 2011 (cap pos).
    Karya tulis akan diseleksi dari segi administrasi, isi, dan kualitas karya tulis.
    Sepuluh peserta dengan skor tertinggi berhak untuk mempresentasikan karya tulis ilmiahnya pada tanggal 22 Oktober 2011.

    C. Lomba Poster

    Poster dibuat oleh peserta pada saat pelaksanaan Semarak Geografi Tingkat Nasional.
    Poster tersebut mengacu pada tema yang diberikan oleh panitia.
    Adapun tema untuk poster ini adalah
    “Peranan Kearifan Lokal sebagai Alternatif dalam Upaya Mitigasi Bencana”.
    Poster dinilai berdasarkan estetika dan kesesuaian dengan tema.

    D. Seminar Nasional Geografi

    Kegiatan Seminar ini ditujukan untuk para guru pembimbing pada khususnya dan mahasiswa serta masyarakat pada umumnya.
    Kegiatan ini dilaksanakan pada saat pelaksanaan Semarak Geografi.
    Adapun tema seminar, yaitu “Optimalisasi Aplikasi SIG dalam Pendidikan Menengah Atas”.

    PLESE VISIT http://www.geografi-uny.co.cc

  • Ari Burhani says:

    Selamat atas peresmian Masjid SMAN 37. Semoga siswa-siswi SMAN 37 menjadi pelajar teladan sebagaimana harapan para guru tercinta. Wassalam, Ari Burhani (alumni angkatan 1985)

  • Dody says:

    INFO DASYAT & LUAR BIASA….!!!
    Kepada YTH,
    Orang tua , Siswa / wi , Dewan Guru SD-SMP-SMA/K
    Anda ingin Putra/I lebih berprestasi di kelas / sekolah…? Atau Guru yang butuh menambah bobot kompetensi utk lulus tes SERTIFIKASI …?
    LOADIMATIKA merupakan lembaga yang sangat TEPAT untuk mencetak siswa/wi anda sangat berprestasi dan GURU yang butuh tingkatkan kompetensi …kami InsyaALLAH dapat mewujudkan hal tersebut dg metoda CEPAT & TEPAT dalam meyelesaikan masalah MATEMATIKA anda…
    Dapatkah anda selesaikan soal soal dibawah ini dalam waktu 5 detik ?..
    • 995 x 997 =…………
    • 3V50653 =…………
    • 1.419.725 : 25 =…………
    PASTIKAN , putra/ri anda & GURU tuk datang dalam Preview Pelatihan MATEMATIKA “ GRATIS “ dengan ajak Putra/ri nya akan diselenggarakan Pada :
    Hari / Tgl : Minggu , 26 Feb & 4 Maret 2012
    Waktu : 09.00 s/d 11.00 WIB
    Tempat : DIKLAT Lakespra Saryanto TNI AU
    Jalan.MT.Haryono kav 41-45 dekat Carefour cawang Jakarta selatan
    Pendaftaran : DODY ( 0857 141 141 85 )
    Demikian info kami, semoga Bapak/ibu orang tua siswa & Guru berkenan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
    Note :
    - Loadimatika siap adakan seminar / workshop di Instansi & kota anda sesuai permohonan
    - Daftar segera & tempat terbatas .

  • rahayucahyaningtyas says:

    saya maua daftar di sman 37 bulan apa dan tanggal berapa .

Isi Komentar

 

Iklan Baris

Cairan Kimia Pembersih

menyediakan cairan kimia pembersih untuk Laundry, Rumah Makan, Hotel, dan Perkantoran. Juga….

www.holytech.co.id

Travel ke bandara

Citayam Ekspress. Satu-satunya Angkutan ke Bandara yang Profesional. Contact: Andi Mulya, M.Si….

http://citayam-ekspress.blinkweb.com/

Butuh dana cepat

Dana tunai. Proses cepat dan mudah. Bunga terendah 0,1%. web: danatunaiku.com

www.danatunaiku.com

Jasa Pembuatan Website

Melayani pembuatan website untuk sekolah, Organiasi, perusahaan, dengan CMS atau PHP. Kunjungi:….

www.paradesain.net
Mau pasang iklan baris di sini?
Hanya Rp50.000 selama 1 bulan
Kontak: marketing@lintasjakarta.com
atau melalui form ini
  • Facebook

© Copyleft 2010-2012 by LintasJakarta.com
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: redaksi@lintasjakarta.com
Beranda | Tentang Kami | Info Iklan | Kontak Kami | Info Liputan | Sitemap | RSS
LintasJakarta.com - berita dan informasi jakarta
Powered by Wordpress--Developed by: paradesain.net