Wisata Jakarta, Situ Babakan

Ditulis: 23 - May - 2009
Oleh: admin
Kategori: Wisata Jakarta
Dilihat: 1,474 kali

Permainan sepeda air di Situ Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Foto: lintasjakarta.com

Salah satu wisata alternatif warga Jakarta, Situ Babakan. Situ ini terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pada tahun 2004, bersamaan dengan HUT DKI yang ke-474 daerah sekitar situ dijadikan Pusat Perkampungan Betawi. Daerah cagar budaya ini meliputi 165 hektar, terdiri dari Kebun Rakyat, perkampungan masyarakat betawi serta kedua danau yang mengapit perkampungan ini.

Situ atau danau adalah dataran yang lebih rendah berfungsi sebagai penampung air permukaan. Untuk menanggulangi banjir, pemerintah kolonial membangun banyak situ di Jakarta, sayang kini banyak situ yang rusak/ berubah fungsi karena di urug. Salah satu situ yang masih berfungsi dengan baik adalah situ Babakan.
situ-babakan-3
Apa yang menarik di Situ Babakan? Lingkungan alam yang sejuk dengan pepohonan rindang serta aneka tanaman buah dan tanaman hijau yang mengilingi desa merupakan tempat yang cocok untuk beristirahat. Situ ini juga dimanfaatkan banyak pengunjung untuk memancing di pinggir situ. Selain itu, letaknya dekat dengan Jakarta, namuan suasananya sudah hijau.

Ingin berperahu? Ada wisata sepeda air. Hanya dengan 10 ribu, anda bisa menyewa sepeda air dan berkeliling situ satu putaran. Akan lebih asyik bersepeda bersama keluarga atau pasangannya. Banyak keluarga membawa anak-anak mereka bersepeda air keliling situ. Wajah-wajah gembira anak-anak menambah pemandangan menjadi menarik.

Kalau sudah lelah, lapar, tersedia banyak penjual menjajakan makanan khas Betawi, antara lain: Kerak telur, Toge Goreng, siomay, Soo Betawi, Ketoprak, Ketupat Sayur, Bakso, Laksa, gulali, Mie Ayam, Bir Pletok, Nasi Uduk, Kue Ape dll.

situ-babakan-3

Selain itu, bagi yang suka dengan budaya tradisional Betawi, di daerah ini juga sering diselenggarakan acara keseniah daerah Betawi seperti Tari Cokek, Tari Topeng, Lenong dan Ondel-ondel pada panggung terbuka setiap hari Sabtu dan Minggu. Pada acara ini biasanya pengunjungpun dapat ikut berinteraksi dalam pelaksanaan acara-acara tersebut, seperti ikut menari atau mengomentari para pemain lenong yang sedang beraksi.

Mau ke situ Babakan? Murah, untuk mobil hanya dikenai tiket masuk 3000 rupiah saja dan parkir 1000 rupiah.


Depan | RSS 2.0 | Kategori: Wisata Jakarta | Trackback | 10 Comments


Komentar

10 Responses to “Wisata Jakarta, Situ Babakan”

  • fandryandra says:

    walaupun musik dangdut banyak penggemarnya, tempat pentasnya jangan di setu babakan dekh…. sayang kalau pengunjung jauh2 datang ke sana disuguhi yang ‘bukan betawi’ ….. kalau bisa semua personel yang melayani pengunjung mulai dari tukang parkir hingga ke pedagang makanan/souvenir bernuansa betawi donk …. jadi siapapun akan bisa membawa orang lain ke obyek wisata budaya betawi…..

  • Madalih says:

    Ok… juga nih dicoba. tp ngomong2 setu Babakan mulai buka jam brape – sampe jam brape bang, gimane keamanannye dijamin kagak. Keasane kudu antre kagak bang.
    Wassalam,
    Madalih, Cipete

  • maksum sukmana says:

    saya setuju banget kalo setu babakan dijadikan cagar budaya betawi termasuk kesenian yang akan tampil disitu harus mencerminkan budaya betawi, seperti: lenong, topeng betawi atau topeng banjet, ondel-ondel,wayang golek betawi, juga samrah betawi..khusus kesenian samrah betawi adalah kesenian betawi yang sudah hampir punah, sangat perlu dilestarikan dan ini perlu ditampilkan di setu babakan..saya pernah nonton samrah betawi “cipta kenangan” pimpinan haji Ahmadi yang punya radio citra kemang, alamatnya di jln kemang barat no 7 H…buat pengelola setu babakan boleh dicoba untuk menampilkan samrah cipta kenangan..atau bisa hubungi saya di 021 96666543…Wassalam, Maksum Sukmana alias Matpiyul.

  • arief says:

    boleh jg tu ide ya ,,, iya jg si budaya betawi sakara mulai jarang di temui ,,,,,
    dan wisatwan tidak bnyak lg yg berkunjung di jakarta moga dengan ide itu bisa mengakat tradisi dan menamba pendapatan negara

  • sewa mobil says:

    mantab dah setu babakan makin nambah objek wisata di kota Jakarta. salam kenal

  • M.Widiarsih says:

    Saya sebagai ada darah betawi, sangat setuju sekali siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikannya.tapi tolong pihak pengelola setu babakan tempat yg sudah asri dengan segala kebudayaannya ko masi banyak yang pada mojok/pacaran “tolong dong ditertibkan yang pada pacaran”

  • pemda mesti proaktif lg utk mempromosikannya, biar bs lebih di kenal oleh penduduk jakarta…

  • iman says:

    tolong dong ada yang jualselendang mayang…… ^^’

  • Jampang says:

    Iye siape lagi nyang mau mewarisi kebudayaan lokal selain kita sendiri, ane juga lagi nyoba bantu dngan bikin souvenir jakarta, silakan nyrosot ke http://www.jampang.com :)

  • CITRA BENGAWAN memberikan pelayanan transportasi untuk anda di kota Solo. Dengan pengemudi yang handal, kendaraan yang prima dan harga terjangkau tentu menjadi pilihan yang menarik untuk anda.
    Berbagai jenis kendaraan kami sediakan. Avanza, Innova, Camry, Fortuner, Alphard, Mercy, Bus Pariwisata, dan masih banyak lainnya. Kami melayani konsumen perorangan, perusahaan, instansi dan VIP.
    Untuk keterangan lebih lanjut SEGERA HUBUNGI KAMI online 24 jam.
    Info & pemesanan : 085642004216 / 02717999153 / 081325216999/ 087736127999
    email : citrabengawanrentcar@yahoo.com

Isi Komentar

 

Iklan Baris

Cairan Kimia Pembersih

menyediakan cairan kimia pembersih untuk Laundry, Rumah Makan, Hotel, dan Perkantoran. Juga….

www.holytech.co.id

Travel ke bandara

Citayam Ekspress. Satu-satunya Angkutan ke Bandara yang Profesional. Contact: Andi Mulya, M.Si….

http://citayam-ekspress.blinkweb.com/

Butuh dana cepat

Dana tunai. Proses cepat dan mudah. Bunga terendah 0,1%. web: danatunaiku.com

www.danatunaiku.com

Jasa Pembuatan Website

Melayani pembuatan website untuk sekolah, Organiasi, perusahaan, dengan CMS atau PHP. Kunjungi:….

www.paradesain.net
Mau pasang iklan baris di sini?
Hanya Rp50.000 selama 1 bulan
Kontak: marketing@lintasjakarta.com
atau melalui form ini
  • Facebook

© Copyleft 2010-2012 by LintasJakarta.com
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: redaksi@lintasjakarta.com
Beranda | Tentang Kami | Info Iklan | Kontak Kami | Info Liputan | Sitemap | RSS
LintasJakarta.com - berita dan informasi jakarta
Powered by Wordpress--Developed by: paradesain.net