Jatim jadi provinsi pengarusutamaan gender

Ditulis: 25 - Jul - 2010
Oleh: admin
Kategori: Lintas Daerah
Dilihat: 33 kali

Surabaya, LJ – Atas sukses Jatim memperoleh Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama 2009, maka Jatim layak dinobatkan sebagai provinsi yang konsen pada program Pengarusutamaan Gender (PUG).

Ini ditegaskan Deputi Bidang PUG Bidang Politik Sosial dan Hukum Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA) RI, Drg Ida Suselo Wulan MM saat ditemui di kantor TP PKK Jatim, Jumat (23/7).

Dalam hal PUG, Jatim memang menjadi langganan dalam memperoleh penghargaan APE. Sejak 2004 Jatim telah meraih ARE Pratama dan 2005 meraih APE Madya. Sedangkan mulai mulai 2006-2009 atau selama empat kali Jatim berturut-turut memperoleh APE Utama, maka jika tahun ini APE Utama dapat kembali diraih untuk kelima kalinya, maka Jatim akan memperoleh PIN emas. “Tahun ini, Jatim harus bisa tetap mempertahankan APE. Bahkan, jika perlu Jatim harus bisa meraih PIN emas,” ujar Ida.

Target ini sangat realistis dan sangat memungkinkan untuk bisa diraih Jatim. Ini dikarenakan sebelumnya Jatim telah meraih penghargaan APE yang diberikan langsung oleh Presiden RI selama empat tahun berturut-turut sejak 2006.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Bappeda Provinsi Jatim, Yuniarti menambahkan, untuk dapat mempertahankan APE Utama, mulai Januari lalu seluruh SKPD se-Jatim akan dikoordinasi untuk merancang rencana kerja dan rencana aksi daerah PUG. Koordinasi dilakukan hingga Agustus mendatang sebelum penilaian APE yang akan digelar pada digelar pada Oktober mendatang.

Menurut dia, rencana kerja PUG Jatim yang tersusun untuk 2010, lebih ditekankan pada partisipasi SKPD dan kab/kota. Ini diimplementasikan dalam bentuk program yang dirancang sesuai rumusan dari hasil koordinasi dalam bentuk rencana aksi yang digelar di SKPD masing-masing atau bersama-sama. Selain itu, masing-masing SKPD juga membuat vokal poin tentang program yang dijabarkan melalui rancangan awal anggaran, pelaksanaan, hingga evaluasi arah dan kebijakan pelaksanaan terkait PUG di masing-masing SKPD.

Sedangkan untuk menunjang target perolehan pin emas pada penghargaan APE Utama, pihaknya bersama kelompok kerja (pokja) PUG dari SKPD juga akan melakukan upaya sosialisasi ke kab/kota se-Jatim. Selain itu, telah digagas pula adanya PUD Award tingkat Jatim yang akan diikuti seluruh kab/kota, serta akan dibuatnya profil PUG dari masing-masing SKPD yang nantinya akan dirangkum menjadi profil PUG Provinsi Jatim. “Dengan berbagai upaya itu, kami optimis Jatim dapat kembali meraih penghargaan APE Utama dan memperoleh PIN emas,” pungkasnya. (Imam Watulingas)


Depan | RSS 2.0 | Kategori: Lintas Daerah | Trackback | 0 Comments


Komentar

Isi Komentar

 

Iklan Baris

Cairan Kimia Pembersih

menyediakan cairan kimia pembersih untuk Laundry, Rumah Makan, Hotel, dan Perkantoran. Juga….

www.holytech.co.id

Travel ke bandara

Citayam Ekspress. Satu-satunya Angkutan ke Bandara yang Profesional. Contact: Andi Mulya, M.Si….

http://citayam-ekspress.blinkweb.com/

Butuh dana cepat

Dana tunai. Proses cepat dan mudah. Bunga terendah 0,1%. web: danatunaiku.com

www.danatunaiku.com

Jasa Pembuatan Website

Melayani pembuatan website untuk sekolah, Organiasi, perusahaan, dengan CMS atau PHP. Kunjungi:….

www.paradesain.net
Mau pasang iklan baris di sini?
Hanya Rp50.000 selama 1 bulan
Kontak: marketing@lintasjakarta.com
atau melalui form ini
  • Facebook

© Copyleft 2010-2012 by LintasJakarta.com
Pertanyaan, saran, keberatan, harap disampaikan melalui email: redaksi@lintasjakarta.com
Beranda | Tentang Kami | Info Iklan | Kontak Kami | Info Liputan | Sitemap | RSS
LintasJakarta.com - berita dan informasi jakarta
Powered by Wordpress--Developed by: paradesain.net