Mengembangkan Bisnis Sustainable Fashion Lewat Kain Ecoprint

Bisnis sustainable fashion
Sumber : Freepik

KTA menjadi pilihan produk pinjaman yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis keperluan. Salah satunya adalah untuk modal pengembangan bisnis. Ketersediaan modal yang memadai pastinya akan membuat bisnis berkembang lebih pesat lagi.
Bicara soal bisnis, bisnis di bidang sustainable fashion dengan produk kain ecoprint saat ini semakin populer. Jenis kain ini semakin diminati dan membuka peluang yang cukup menjanjikan para pelaku bisnis di bidang tersebut.

Strategi Pengembangan Bisnis Kain Ecoprint Go International

Kain ecoprint merupakan jenis kain yang menggunakan bahan-bahan alami dari dedaunan untuk mencetak motif dan warnanya. Jenis bisnis ini ternyata punya potensi besar untuk go international.
Bagi kamu yang saat ini mengelola bisnis kain ecoprint, tidak ada salahnya untuk mulai mengembangkan bisnis ini ke berbagai negara. Dilansir dari laman cermati.com, berikut ini beberapa tips jitu agar bisnis tersebut bisa go international:

  • Pahami Kebutuhan Konsumen
    Pertama-tama kamu harus berusaha untuk memahami kebutuhan konsumen. Bagaimanapun juga konsumen dalam negeri memiliki kebutuhan dan perilaku yang berbeda dengan konsumen di luar negeri.
    Pada dasarnya kain ecoprint ini memiliki potensi besar untuk diminati di kancah internasional. Asalkan kamu benar-benar bisa menghadirkan produk yang tepat sesuai kebutuhan konsumen di berbagai negara.
    Kamu bisa mulai melakukan riset dan mempelajari seperti apa perilaku konsumen di negara-negara lain. Dari sini kamu bisa mencari tahu produk sustainable fashion seperti apa yang sebenarnya mereka butuhkan.
  • Tingkatkan Kualitas Produk
    Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah meningkatkan kualitas produk. Sudah pasti produk yang kamu jual harus punya kualitas yang bagus jika ingin go international.
    Cobalah untuk mengevaluasi produk yang sudah kamu hasilkan. Cari tahu apa kekurangannya lalu perbaiki poin-poin tersebut. Jika kamu butuh modal lebih besar untuk meningkatkan kualitas produk, jangan ragu untuk memakai KTA dari bank.
  • Lakukan Pemasaran yang Efektif
    Jika ingin menjangkau pasar internasional maka kamu juga harus melakukan pemasaran secara efektif. Strategi marketing yang dibutuhkan untuk menjangkau pasar internasional harus dipikirkan dengan matang.
    Mulailah mengoptimalkan platform marketing seperti website dan media sosial karena lebih mudah dijangkau oleh konsumen internasional. Dalam hal ini jangan ragu untuk keluar modal besar, jika perlu gunakan KTA instan dari bank.

Baca juga : Jakarta Fashion Week 2024: Lozyhijab Membawa Semangat ‘Avenue of Escape’ dalam Mode Muslim

  • Pelajari Regulasi Ekspor
    Perlu diketahui bahwa regulasi pemasaran yang ada di dalam negeri tentu jauh berbeda dengan regulasi pemasaran di luar negeri. Oleh sebab itu penting sekali untuk mempelajari regulasi ekspor yang berlaku.
    Kamu bisa mencari tahu tentang aturan perdagangan internasional dan ketentuan berbisnis di negara-negara lain. Cari tahu juga seperti apa aturan pajak dan bea cukai agar distribusi barang bisa berjalan lancar.
  • Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan Logistik
    Tidak kalah penting, kamu juga harus menjalin kerja sama dengan perusahaan logistik. Ini dilakukan agar proses ekspor produk jadi jauh lebih mudah dan lancar. Jika proses distribusi lancar, maka bisnismu juga pasti akan terus berkembang.
    Dalam hal ini kamu juga harus memperhitungkan biaya untuk pengiriman barang. Pastikan kamu menemukan perusahaan logistik yang tepercaya, profesional dan memberi penawaran harga terbaik untukmu.
Sumber : Pexels
Sumber : Pexels

Tips Menjadi Pemenang di Persaingan Bisnis Sustainable Fashion

Saat ini bisnis sustainable fashion memang cukup populer di kalangan masyarakat. Jika kamu menekuni produk kain ecoprint, maka bisa jadi kompetitormu berasal dari bisnis-bisnis lain dengan produk sustainable fashion yang berbeda.
Kamu harus berusaha menyusun strategi yang tepat agar bisa menjadi pemenang dalam persaingan tersebut. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan dikutip dari laman bisnis.com.

  • Ciptakan Ciri Khas Produk
    Sebuah bisnis bisa berkembang dengan baik jika memiliki konsumen yang loyal. Sementara itu loyalitas konsumen bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki produk yang bagus dan punya ciri khas.
    Selain fokus meningkatkan kualitas produk, kamu juga harus menciptakan sebuah karakter atau ciri khas yang menarik. Buatlah kain ecoprint yang benar-benar khas dan menyimpan karakter kuat sehingga akan selalu dilirik oleh konsumen.
  • Kenali Kompetitormu
    Jangan malas untuk mengenali kompetitormu. Kompetitor bukanlah pihak yang seharusnya kamu jauhi. Dalam dunia bisnis, justru kamu harus berusaha untuk dekat dengan kompetitor dan mengenali mereka.
    Dari sini kamu bisa berusaha menciptakan karakter bisnis sendiri yang berbeda dari kompetitor. Kamu juga bisa mengenali lebih dekat seperti apa sebenarnya pangsa pasar yang ingin dijangkau.
  • Tawarkan Harga yang Bersaing
    Buatlah harga yang realistis dan cukup bersaing. Tentunya masalah harga ini harus diperhitungkan dengan matang karena bagaimanapun juga ada banyak faktor yang berpengaruh di dalamnya.
    Pastikan harga yang kamu tawarkan sudah sesuai dengan kualitas dan tentunya bersaing di pasar sustainable fashion saat ini. Jangan ragu untuk melakukan riset dan update mengenai harga yang beredar di pasaran.
  • Menonjolkan Keunggulan Produkmu
    Tentu sangat penting untuk terus menonjolkan keunggulan dari produkmu. Ini akan membantu produkmu semakin dikenali dan tentu saja diminati oleh lebih banyak orang. Melalui promosi-promosi yang kamu lakukan, cobalah untuk memperlihatkan apa keunggulan yang kamu miliki. Keunggulan inilah yang nanti akan membuat kredibilitas produkmu meningkat.

Baca juga : Tying Infinity Dreams: Haidee & Orlin akan Berkilau di Jakarta Fashion Week 2024!

Pengembangan bisnis sustainable fashion dengan produk kain ecoprint ini bisa jadi lebih mudah dan lancar dengan adanya modal dari digibank. Produk pinjaman ini bisa kamu dapatkan lewat pengajuan online menggunakan e-KTP.
Kamu juga bisa mendapatkan limit pinjaman sampai Rp200 juta. Langsung saja buat pengajuan dan dapatkan digibank KTA untuk membuat bisnismu go international. Klik di sini agar kamu bisa mengakses informasi lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *