Bisnis  

Merajut Kemitraan Unggul, PT Sonar Nusantara Utama Ikut Memeriahkan HxGN Live Indonesia 2023!

foto bersama pada malam HxGN Live Indonesia 2023

Di dunia yang serba digital saat ini, level inovasi teknologi sudah berkembang hingga mampu menciptakan jembatan antara dunia nyata dan dunia maya. Salah satu produk inovasi dalam dunia geospasial adalah digital reality. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam dunia pemetaan yang inovatif dan terdepan dalam teknologi, Leica Geosystems Indonesia menyelenggarakan HxGN Live Indonesia 2023 yang merupakan acara teknologi digital reality dan geospasial. Acara ini digelar pada tanggal 7-8 November 2023 dan bertempat di Westin Hotel, Jakarta. HxGN Live Indonesia bekerja sama dengan divisi Hexagon lainnya dan menjadi salah satu acara terbesar di Asia Tenggara yang diadaptasi dari acara HxGN Live Global di Las Vegas, Amerika Serikat.

Hexagon merupakan perusahaan yang berasal dari Swedia dan berfokus pada penyediaan solusi teknologi informasi dengan melibatkan pemetaan, analisis data, visualisasi hingga otomatisasi untuk berbagai industri. Hexagon terkenal dengan fokusnya terhadap teknologi presisi yang tinggi dan pelayanan dalam meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya dan mengoptimalkan operasi. Digital reality merupakan salah satu produk layanan Hexagon yang ditunjukkan melalui acara HxGN Live Indonesia 2023. Digital reality merujuk pada integrasi teknologi digital yang mencakup pemetaan secara presisi, pemodelan 3D dan pengalaman pengguna yang terkoneksi dengan data geografis. Digital reality sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan masa depan berkelanjutan.

Acara HxGN Live Indonesia dihadiri lebih dari 50 perusahaan ternama dan lebih dari 500 peserta dari berbagai bidang industri. Sebagai salah satu distributor resmi Leica Geosystems, PT Sonar Nusantara Utama juga turut hadir dalam memeriahkan acara HxGN Live Indonesia. PT Sonar Nusantara Utama sendiri sudah bergerak di bidang teknologi survey pemetaan dan telah bekerja sama Leica Geosystems sejak tahun 2020. Oleh karena itu, sebagai salah satu distributor resmi Leica Geosystems, maka PT Sonar Nusantara Utama juga turut hadir dalam mendukung kemeriahan acara HxGN Live Indonesia 2023.

Kami dari PT Sonar Nusantara Utama memberikan selamat atas terselenggara nya acara Hexagon Live Indonesia 2023. Semoga acara ini menjadi pelopor bangkit nya industri geospasial di Indonesia, karena data geospasial adalah salah satu komponen penting dalam sebuah pengambilan kebijakan, pembangunan infrastructure, climate change serta banyak start up atau bisnis masa depan yg backbone nya adalah data geospasial.

Penyelenggaraan HxGN Live Indonesia terbilang cukup besar dengan dihadirkannya lebih dari 40 total pembicara baik dari dalam maupun luar negeri. Pada hari pertama acara HxGN Live, kegiatan dimulai dengan Opening Ceremony yang menghadirkan Thomas Harring selaku Presiden Hexagon Geosystems dan Faheem Khan selaku Presiden Asia Hexagon Geosystems. Faheem mengucapkan sambutan dan terima kasih atas kehadiran peserta dan tamu undangan serta berharap bahwa dengan adanya acara ini dapat menyatukan orang-orang dan teknologi untuk memperoleh informasi, pengalaman dan keahlian dalam memanfaatkan teknologi digital yang berkelanjutan ini.

baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-8, Logos Indonesia Siapkan Layanan Konseling Berbasis Aplikasi

HxGN Live Indonesia juga turut menghadirkan Inspirational Keynote Speeches dari berbagai lembaga yaitu Prof. Muh Aris Marfai (Kepala Badan Informasi Geospasial), Shinta Widjaja Kamdani (Ketua Wanita, Asosiasi Pengusaha Indonesia), Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si (Kepala Korps Lalu Lintas Polri), Navib Faizal, ST., M.Sc (Kepala Pusat Data dan Informasi Teknologi Kementerian PUPR), Busroni Arif Yanto (Presiden Direktur Leica Geosystems Indonesia) serta para pelaku industri di berbagai sektor geospasial lainnya. Dalam pidatonya, Suharso Moarfa Suharso Monoarfa selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) mengungkapkan, “Dengan ketersediaan infrastruktur yang nantinya termasuk kontribusi dari para pelaku bisnis. Kami berharap ini akan memaksimalkan layanan publik, transparansi dan akuntabilitas pemerintahan. Kita juga berharap literasi digital ini akan meluas dan kita bisa menyediakan pekerja-pekerja digital yang memadai”.

Presiden Leica Geosystem Indonesia Busroni Arif Yanto menjelaskan tujuan dari acara ini adalah untuk memperkuat kolaborasi antara pelanggan, komunitas, dan stakeholder yang menggunakan solusi teknologi digital dari Hexagon.

“Acara ini dibuat untuk mendukung harmoni antara pelanggan, komunitas dan teknologi dalam fokus yang saling menguntungkan tentunya. Memberi masukan untuk mendorong inovasi teknologi. Alur ini sesuai dengan Hexagon value core yaitu customer focus karena kami membuat solusi yang tepat untuk industri pelanggan” 

Pada hari pertama acara HxGN Live ini peserta diajak ke dalam sesi diskusi dan lightning talks dengan tema “Innovate to Elevate”. Sesi ini akan memberikan gambaran luas mengenai kisah inspiratif dari pengguna hingga perkembangan terbaru dari teknologi digital reality dan geospasial. Tak hanya itu, pada hari yang sama HxGN Live Indonesia juga mengadakan Leica Geo-Innovation Award yang memberikan penghargaan kepada para institusi yang telah berkolaborasi secara efektif dan memiliki perkembangan inovatif pada teknologi yang telah digunakan.

Tak berbeda jauh dari penyelenggaraan hari pertama, selanjutnya HxGN Live Indonesia menyelenggarakan hari kedua yang diisi dengan Industry-Spesific-Summit. Acara ini mempertemukan para owner, direktur perusahaan, manager operasional, ahli dan profesional pada masing-masing industri dengan merangkum pembahasan ke dalam tiga sesi yang berbeda yaitu Pure Surveying and Smart Government Summit, Intelligent Mining & Natural Resources Summit dan Digital Innovation in Construction Summit. Dilanjutkan dengan Technical Stream yang menyajikan lightning Talks dan pengalaman dari berbagai ahli dan pengguna mengenai metode dan proyek khusus yang relevan. Acara ini kemudian ditutup dengan sesi Warp-Up dan Closing dengan merangkum setiap kegiatan sesi Technical Streams selama dua hari. Tak ketinggalan, acara Closing juga dilakukan dengan memberikan apresiasi terhadap peserta kegiatan dan pemberian doorprize serta souvenir yang menarik.

Keseluruhan acara HxGN Live Indonesia dirancang untuk mempertemukan dan memberikan kesempatan bagi para profesional, ahli dan praktisi agar dapat berinteraksi secara langsung dan berdiskusi untuk mengeksplorasi informasi, pengalaman serta teknologi terbaru dalam dunia digital reality dan geospasial. Dari seluruh sesi yang diadakan pada HxGN Live Indonesia mulai hari pertama hingga kedua, masing-masing acara membuktikan betapa pentingnya kolaborasi dan pertukaran ide yang akan memperkaya arah strategis dan membangun pondasi yang kuat dalam bidang teknologi geospasial untuk masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *