Pembelajaran Transformasional melalui Kolaborasi Inovatif Dosen Fakultas Brawijaya”Mejapaz”

mejapaz

Pembelajaran Transformasional – Para dosen, sebagai tokoh sentral dalam lingkungan akademis, memainkan peran kunci dalam membentuk arah pendidikan. Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains dan Teknologi Universitas Brawijaya (DIKST UB) muncul sebagai fasilitator utama, menciptakan lingkungan yang mendukung usaha inovatif para pendidik.

Memimpin perjalanan, Titi Ayu Pawestri, bersama dengan tim yang berdedikasi dari Fakultas Vokasi—Sovia Rosalin, Amelia Ika Pratiwi, dan Bayu Sutawijaya—berkolaborasi untuk melahirkan produk bernilai intrinsik: Mejapaz Smart Desk Pen, sebuah meja pendidikan terintegrasi dengan kemampuan belajar audio. Inisiatif ini tumbuh dari program unggulan DIKST UB, yaitu Hibah Inovasi Dosen.

Baca juga : UNIVERSITAS SIBER ASIA – Menyongsong Era Pendidikan Online

Apa yang awalnya hanya meja puzzle pada tahun 2022, berkembang menjadi perjalanan transformasional, melampaui pesaing sejenis. Mejapaz tidak hanya berfungsi praktis, tetapi juga sebagai instrumen pembelajaran interaktif. Dirancang untuk anak-anak usia 5–8 tahun, Mejapaz melibatkan pikiran-pikiran muda dalam pembelajaran kognitif, motorik, dan afektif melalui penyusunan potongan puzzle sambil mendengarkan narasi audio tentang flora dan fauna di destinasi wisata Indonesia. Integrasi dengan Smart Desk Pen menambah dimensi menarik, memungkinkan anak-anak belajar secara efisien sambil menghindari dampak negatif ponsel pintar.

Kolaborasi ini melibatkan lebih dari sekadar lingkungan akademis, melibatkan kemitraan dengan mahasiswa dan industri mebel, khususnya PT. Garvindo Prima Sejahtera. Kerjasama ini memberikan wawasan praktis yang berharga bagi mahasiswa, memberikan pemahaman langsung tentang bagaimana proyek serupa diimplementasikan dalam dunia nyata. Mejapaz dengan Smart Desk Pen mencerminkan komitmen Fakultas Vokasi untuk menyajikan pengalaman belajar yang relevan, interaktif, dan teknologis.

Proyek Pembelajaran Transformasional ini tidak hanya melambangkan penciptaan produk fisik tetapi juga pengembangan keterampilan dan wawasan yang mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan yang terus berkembang. Sebagai bagian dari Hibah Inovasi Dosen, proyek ini dipamerkan dalam Pameran Universitas Brawijaya pada 8 November 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *