Memperkenalkan Era Digital pada Anak-anak Melalui ‘Coding For Kids’ : Langkah Proaktif SPE Solution dalam Membangun Literasi Digital

foto bersama di acara Coding For Kids bersama para peserta

Tangerang – PT Solusi Pembayaran Elektronik (SPE Solution) menyelenggarakan acara “Coding For Kids” pada Minggu, 26 November 2023 bertempat di Hotel Mercure Alam Sutera. Rangkaian kegiatan yang diisi dengan pengenalan coding melalui games interaktif untuk anak–anak ini bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta untuk belajar coding melalui metode belajar sambil bermain.

Pada era digital saat ini pemahaman akan teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari hari tidak hanya untuk orang dewasa bahkan untuk dikenalkan kepada anak–anak. Pengenalan akan konsep coding sebagai bahasa pemrograman menjadi salah satu upaya dalam memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang bagaimana teknologi beroperasi di sekitar mereka. Dalam upaya tersebut “Coding For Kids” hadir sebagai langkah proaktif dari SPE Solution untuk membangun literasi digital kepada anak khususnya dalam mempelajari bahasa pemrograman.

Mustika Rengganingrum selaku Penanggung Jawab Acara menyatakan pentingnya memahami dunia digital sejak usia dini memberikan banyak manfaat pada pembentukan pola pikir anak “Coding bukan sekadar keterampilan psikomotorik saja, tetapi terkait dengan cara berpikir yang dikenal sebagai computational thinking atau algorithmic problem solving skill yang memungkinkan anak mengembangkan kemampuan berpikir logis, kreativitas, dan problem-solving. Dengan mempelajari coding sejak dini, anak-anak jadi mampu untuk memahami bagaimana teknologi di sekitar mereka bisa beroperasi.”

baca juga: PT Sonar Nusantara Utama Meriahkan HxGN Live Indonesia 2023!

Pada acara yang dihadiri kurang lebih 50 peserta ini, anak–anak diajarkan cara untuk beberapa game melalui pengenalan konsep dasar coding. Sepanjang sesi berlangsung para peserta didampingi oleh tim ekspertis dari SPE Solution atau yang dikenal dengan panggilan SPEcial team untuk memberikan bimbingan kepada setiap peserta. “Melihat semangat anak-anak pada acara ini, kami yakin bahwa investasi dalam literasi digital anak-anak adalah langkah yang sangat penting. Semoga acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga menginspirasi anak-anak untuk menjelajahi dunia teknologi dengan penuh semangat.” Ujar Mustika.

Suksesnya acara Coding For Kids yang dihelat oleh SPE Solution juga dirasakan oleh perwakilan dari salah satu orang tua peserta yang mengikuti acara ini, Mega Reiyana. “Acara ini sangat inspiratif ya untuk anak-anak karena anak-anak jadi bisa mengenal coding dengan cara yang mudah. Acaranya juga menyenangkan dan pematerinya interaktif bikin anak-anak jadi antusias.” Ucapnya.

SPE Solution sebagai Perusahaan Fintech Enabler terus berupaya memberikan kontribusi nyata kepada Masyarakat salah satunya pada bidang pendidikan IT. Hal ini telah dibuktikan melalui program Scholarship yang rutin dilakukan SPE Solution guna menciptakan bibit-bibit unggul yang mampu bersaing di dunia IT dan kini komitmen tersebut juga ditunjukan melalui acara Coding For Kids. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para sponsor diantaranya QRC, Datalabs, Iglo, Docotel, dan Altros Teknologi yang telah mendukung terselenggaranya acara ini, kami berharap dapat melanjutkan upaya bersama untuk menciptakan generasi yang melek teknologi dan siap bersaing di era digital.” Tutup Mustika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *