Menginspirasi dengan Prestasi: Profil Muhammad Rizki Nugraha Darma Nagara

doc. Muhammad Rizki Nugraha Darma Nagara
doc. Muhammad Rizki Nugraha Darma Nagara

Oleh : Nurhaliza Rabbani Chandra, Mahasiswi universitas Siber Asia ilmu komunikasi

LINTASJAKARTA.com – Seorang pemuda asal Ciamis sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial karena prestasinya sebagai presiden BEM di Columbia University.

Pemuda tersebut bernama Muhammad Rizki Nugraha Darma Nagara, yang lahir di Bandung pada tanggal 4 Mei 1997.

Ia adalah anak bungsu dari empat bersaudara dan dikenal sebagai mahasiswa program studi Hubungan Internasional angkatan 2015 dengan konsentrasi Diploma.

Muhammad Rizki Nugraha Darma Nagara, atau yang akrab disapa “Deris”, bukan hanya seorang mahasiswa biasa. Ia juga aktif dalam berbagai forum nasional dan internasional.

Deris telah meraih banyak prestasi sejak sekolah hingga tingkat S1. Pada masa SMP, ia mengikuti pertukaran pelajar ke Malaysia, dan pada masa SMA, ia mengikuti pertukaran serupa di Australia.

Setelah lulus sekolah, Deris mencoba mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN ke UNPAD, SBMPTN ke UI dan UNPAD, serta SIMAK UI, namun tidak berhasil diterima.

Tidak putus asa, Deris kemudian mengubah arah minatnya. Awalnya ia bercita-cita masuk ke fakultas kedokteran, tetapi akhirnya ia memutuskan untuk mengambil program studi Hubungan Internasional di President University dengan beasiswa penuh.

Baca Juga Warung Tuman dan Tekadnya Menjaga Warisan Budaya Leluhur Indonesia

Ia mengatakan, “Waktu itu kondisi ekonomi keluarga sedang menurun, ayahku baru pensiun, dan ibuku akhirnya membuka warung. Jadi, aku tidak bisa memaksa atau menunda lagi, akhirnya aku memilih S1 dengan beasiswa di President University” seperti yang ia sampaikan melalui akun Instagram pribadinya.

Persaingan yang ketat untuk diterima di Columbia University tidaklah mudah, tetapi Deris berhasil memanfaatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk melanjutkan studinya di sana.

Columbia University sendiri menduduki peringkat ke-11 dalam pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) tahun 2023.

Universitas ini didirikan pada tahun 1754 dengan nama King’s College, dan mendapatkan piagam dari Raja George II dari Inggris.

Beberapa tokoh terkenal yang berasal dari universitas ini antara lain Barack Obama (Presiden Amerika Serikat ke-44), Paul Auster (penulis dan sutradara film Amerika Serikat), Tasya Kamila (aktris Indonesia), Cinta Laura Kiehl (aktris Indonesia), dan Erina Gundono (aktivis perempuan dan menantu Presiden Jokowi).

Deris mengungkapkan bahwa pengalamannya saat pertukaran pelajar dan aktif dalam kegiatan kepemudaan sangat membantu dalam membangun profil dirinya, termasuk dalam menulis esai dan melengkapi profil diri saat mendaftar S2 ke Columbia University.

Ia juga memberikan pesan kepada para pemuda yang ingin meraih cita-cita, “Just be yourself and know your strength. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. Setiap orang itu unik dan memiliki perjalanan masing-masing. Jika memiliki mimpi, harus mau bekerja keras, ikhlas, berdoa, meminta doa orang tua, dan berserah diri kepada Allah,” ujar Deris melalui akun Instagram pribadinya.

Deris merupakan contoh inspiratif bagi banyak orang dengan perjalanan hidup dan pencapaiannya yang luar biasa. Semangat, kerja keras, dan keyakinan pada diri sendiri adalah pesan yang bisa kita ambil sebagai motivasi dari profilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *