Punya Fasilitas Lengkap, RS Hermina Samarinda Siap Layani Penderita Ginjal

peresmian layanan hemodialisis
peresmian layanan hemodialisis

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh. Bila tidak dijaga dengan baik, maka akan menyebabkan Anda menderita berbagai penyakit seperti anemia, gangguan elektrolit hingga penumpukan racun dalam tubuh. Penderita sakit ginjal kemungkinan tidak bisa beraktivitas secara normal.

Menurut penjelasan di laman Alodokter, ada beberapa jenis penyakit ginjal yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia, seperti batu ginjal, infeksi ginjal, dan gagal ginjal.

Penyakit batu ginjal jadi salah satu yang umum terjadi, yaitu penumpukan zat dan mineral yang membentuk kristal atau batu di ginjal. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh asam urat atau infeksi saluran kemih.

Sementara itu, seseorang juga dapat mengalami gagal ginjal. Terdapat dua jenis gagal ginjal, yaitu gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut. Penanganan penyakit ginjal juga bermacam-macam, tergantung pada tingkat penyakit yang diderita.

Ada kalanya penyakit ginjal dapat disembuhkan dengan menjalani pola hidup sehat, namun tak jarang perlu melakukan tindakan operasi hingga cuci darah secara berkala.

Sayangnya tidak semua rumah sakit daerah memiliki fasilitas yang memadai untuk melakukan tindakan medis pada penderita sakit ginjal. Sementara jika harus merujuk ke rumah sakit dengan fasilitas yang lengkap tentu akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Berangkat dari hal tersebut, Rumah Sakit Hermina Samarinda meresmikan layanan Hemodialisis dan CAPD (Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis). Menurut dr. Boy E.R. Wajong, M.Kes selaku Direktur RS Hermina Samarinda, layanan tersebut dihadirkan karena banyaknya permintaan dari masyarakat.

“Layanan Hemodialisis dan CAPD sejalan dengan pelayanan prioritas RS Hermina Samarinda tahun 2023, serta melihat tingginya permintaan dari masyarakat terhadap layanan ini,” ujar dr. Boy E.R. Wajong, M.Kes, Rabu 9 Maret 2023.

Pada peresmiannya, dihadiri oleh Kadis Kesehatan Kota Samarinda dan tamu undangan dari rekanan rumah sakit serta fasilitas kesehatan tingkat pertama di kota Samarinda.

RS Hermina Samarinda merupakan rumah sakit umum berskala Nasional yang dinaungi oleh PT. Medikaloka Hermina Tbk. Sejak berdiri pada 2018 hingga saat ini, rumah sakit tersebut telah memiliki 46 cabang rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia. Termasuk di Samarinda.

 

Lewat layanan terbaru mereka, RS Hermina Samarinda membantu meringankan masyarakat yang memiliki penyakit ginjal, terutama penderita ginjal kronis dan akut yang memerlukan tindakan medis secara intensif, seperti melakukan operasi atau cuci darah secara berkala.

Hal itu dibuktikan dengan adanya kerjasama dengan sejumlah pihak seperti BPJS dan layanan asuransi untuk meringankan biaya pengobatan.

“RS Hermina Samarinda telah bekerjasama dengan BPJS dan berbagai asuransi kesehatan lainnya,” terang Direktur RS Hermina Samarinda, dr. Boy E.R. Wajong, M.Kes.

Saat ini RS Hermina Samarinda menjadi salah satu rumah sakit umum swasta berskala Nasional di Samarinda dengan 132 tempat tidur, dan sudah terakreditasi paripurna oleh KARS. Rumah sakit ini juga telah memiliki layanan ginjal terpadu, sehingga dapat melayani transplantasi ginjal.

Dalam menjalankan fungsinya, Rumah Sakit Hermina Samarinda menyediakan perawatan kesehatan secara optimal dan profesional, dengan mengedepankan nilai pertumbuhan, kesehatan, dan umur panjang.

Kedepannya rumah sakit umum di Samarinda ini berharap dapat meningkatkan derajat kesehatan seluruh lapisan masyarakat Samarinda, serta memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses kesehatan yang layak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *